Abstract:
Industri kuliner pada coffee shop saat ini semakin digemari oleh masyarakat di Kota Bandung, terbukti dari gaya hidup masyarakat milenial yang menyukai kopi serta banyaknya coffee shop baru yang bermunculan di setiap sudut kota. Banyaknya coffee shop
di Bandung menyebabkan munculnya berbagai macam konsep yang ditawarkan oleh pengusaha seperti tempat untuk berfoto, tempat untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas, tempat untuk menikmati live music, tempat untuk berkumpul bersama rekan dan sekedar
untuk menikmati suasana toko. Salah satunya, yaitu Armor Kopi Leuit. Ketatnya persaingan bisnis saat ini membuat peran pelayanan menjadi hal terpenting apalagi jika produk yang ditawarkan sama atau sejenis. Ketika konsumen merasa puas dengan kualitas
pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan, maka konsumen akan kembali untuk membeli produk yang sama atau biasa disebut niat beli ulang. Berdasarkan hasil preliminary research, penulis mendapatkan informasi bahwa kualitas pelayanan pada Kopi Armor Leuit masih belum optimal, serta terdapat beberapa responden yang kurang
berminat untuk datang kembali ke Armor Kopi Leuit dan terdapat beberapa responden yang tidak menyarankan konsumen lain untuk datang ke Armor Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy) terhadap niat beli
ulang pada Armor Kopi Leuit. Jenis penelitian ini yaitu terapan kausalitas dengan metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu kuantitatif. Penelitian ini digunakan dengan
menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda, serta menggunakan dimensi waktu cross sectional. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan nonprobability sampling dengan teknik judgmental sampling pada kriteria tertentu yang telah ditetapkan oleh penulis yaitu konsumen yang sudah pernah datang dan
membeli di Kopi Armor Leuit Bandung selama 6 bulan terakhir, berdomisili di Indonesia serta memiliki rentang usia 17 sampai diatas 55 tahun. Kuesioner disebarkan melalui Google Form dan terkumpul sebanyak 105 responden. Setelah mengolah data serta melakukan pengujian pada penelitian ini, didapatkan bahwa hasil variabel kualitas pelayanan atas dimensi tangible, reliability,
responsiveness, assurance dan empathy hanya dimensi empathy yang berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang. Dimensi empathy memiliki pengaruh
sebesar 0,453 dan berkontribusi sebanyak 66% terhadap niat beli ulang pada Armor Kopi Leuit.