Analisis pengaruh atribut produk terhadap niat menggunakan ulang pada game Free Fire

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Pradipta, Fabian Yodha
dc.date.accessioned 2023-07-21T02:31:16Z
dc.date.available 2023-07-21T02:31:16Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43062
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15538
dc.description 24756 - FE en_US
dc.description.abstract Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi yang pesat membuat smartphone menjadi salah satu keunggulan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas. Selain untuk komunikasi, smartphone juga digunakan untuk bermain games untuk mengisi waktu luang. Salah satu genre game yang sedang ramai pemain nya adalah battle royale. Di dalam genre permainan ini terdapat 2 game yang bersaing secara ketat untuk mendapatkan pangsa pasar yaitu PUBG mobile dan Free Fire, berdasarkan hasil survey penulis game Free Fire menduduki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan PUBG mobile. Walaupun terdapat kekurangan di game tersebut seperti memiliki grafik animasi, sedangkan PUBG mobile memiliki grafik yang jauh lebih realistis, dan detail - detail dalam in game nya tidak senyata dengan PUBG mobile. Free Fire pun dikenal dengan mode in game yang lebih sedikit dibandingkan dengan game battle royale lainnya. Namun setelah melakukan preliminary research yang dilakukan kepada 10 orang responden, ditemukan bahwa atribut produk di dalam game PUBG mobile lebih unggul daripada Free Fire. Namun 2 dari sepuluh responden lebih memilih game Free Fire untuk dimainkan kembali daripada PUBG mobile, dengan memperhatikan masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai seberapa besar pengaruh atribut produk pada sebuah produk dalam meningkatkan niat menggunakan ulang konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk (X) berserta tiap dimensinya (form, features, customization, performance quality, conformance quality, durability, reliability, repairability, style, dan design) terhadap niat menggunakan ulang pada game Free Fire. Dengan tujuan penelitian ini penulis ingin mengetahui niat para pemain ataupun orang - orang yang hobi bermain game dalam penggunaan ulang terhadap game battle royale yang sudah banyak game lainnya yang serupa dengan Free Fire. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode explanatory, penelitian ini termasuk dalam penelitian cross-sectional. Penelitian ini bersifat kuantitatif dalam proses pengumpulan data, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik judgement sampling dengan kriteria orang-orang yang berumur 15 tahun ke atas yang pernah bermain atau pemain aktif game Free Fire. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan google form dengan metode cross-sectional. Setelah mengumpulkan 115 responden, penulis menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data, ditemukan hasil bahwa sepuluh dimensi atribut produk yang terdiri dari form, features, customization, performance quality, conformance quality, durability, reliability, repairability, style, dan design terdapat tiga dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan ulang yaitu dimensi form, repairability, dan style dengan nilai kontribusi sebesar 63%. Dimensi atribut produk lainnya yaitu features, customization, performance quality, conformance quality, durability, reliability, repairability, dan design tidak berpengaruh secara positif dan signifikan atas niat menggunakan ulang pada game Free Fire. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Atribut Produk en_US
dc.subject niat menggunakan ulang en_US
dc.subject Free Fire en_US
dc.title Analisis pengaruh atribut produk terhadap niat menggunakan ulang pada game Free Fire en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120137
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account