Abstract:
Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi yang pesat membuat smartphone menjadi salah satu keunggulan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas. Selain untuk komunikasi, smartphone juga digunakan untuk bermain games untuk mengisi waktu
luang. Salah satu genre game yang sedang ramai pemain nya adalah battle royale. Di dalam genre permainan ini terdapat 2 game yang bersaing secara ketat untuk mendapatkan pangsa pasar yaitu PUBG mobile dan Free Fire, berdasarkan hasil survey penulis game Free Fire menduduki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan PUBG mobile. Walaupun terdapat kekurangan di game tersebut seperti memiliki grafik animasi, sedangkan PUBG mobile memiliki grafik yang jauh lebih realistis, dan detail - detail dalam in game nya tidak
senyata dengan PUBG mobile. Free Fire pun dikenal dengan mode in game yang lebih sedikit dibandingkan dengan game battle royale lainnya. Namun setelah melakukan preliminary research yang dilakukan kepada 10 orang responden, ditemukan bahwa atribut
produk di dalam game PUBG mobile lebih unggul daripada Free Fire. Namun 2 dari sepuluh responden lebih memilih game Free Fire untuk dimainkan kembali daripada PUBG mobile, dengan memperhatikan masalah tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai seberapa besar pengaruh atribut produk pada sebuah produk dalam meningkatkan niat menggunakan ulang konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk (X) berserta tiap dimensinya (form, features, customization, performance quality, conformance quality, durability, reliability, repairability, style, dan design) terhadap niat menggunakan ulang
pada game Free Fire. Dengan tujuan penelitian ini penulis ingin mengetahui niat para pemain ataupun orang - orang yang hobi bermain game dalam penggunaan ulang terhadap game battle royale yang sudah banyak game lainnya yang serupa dengan Free Fire. Penelitian ini merupakan applied research dengan metode explanatory, penelitian ini termasuk dalam penelitian cross-sectional. Penelitian ini bersifat kuantitatif dalam proses pengumpulan data, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik judgement sampling dengan kriteria orang-orang yang berumur 15 tahun ke atas yang pernah bermain atau
pemain aktif game Free Fire. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan google form dengan metode cross-sectional. Setelah mengumpulkan 115 responden, penulis menganalisis data menggunakan metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda Berdasarkan hasil pengujian dan analisis data, ditemukan hasil bahwa sepuluh dimensi atribut produk yang terdiri dari form, features, customization, performance quality,
conformance quality, durability, reliability, repairability, style, dan design terdapat tiga dimensi yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat menggunakan ulang yaitu dimensi form, repairability, dan style dengan nilai kontribusi sebesar 63%. Dimensi atribut produk lainnya yaitu features, customization, performance quality, conformance quality, durability, reliability, repairability, dan design tidak berpengaruh secara positif
dan signifikan atas niat menggunakan ulang pada game Free Fire.