Abstract:
Negara Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya yang berlimpah juga tradisi serta budayanya yang beragam. Hal ini membuat Indonesia memiliki cita rasa kuliner yang khas, sehingga mendukung berkembangnya dunia kuliner di Indonesia. Kota dan Kabupaten Bandung menjadi salah satu daerah Kota dan Kabupaten di Indonesia yang memiliki pertumbuhan setiap tahunnya dari sektor industri makanan dan minuman dilihat dari data yang diambil di BPS tahun 2021. Penulis pun meneliti Prawira Taman Cafe & Resto dengan melakukan observasi dan penulis melihat tempat cenderung sepi. Sehingga penulis melakukan wawancara tidak terstruktur kepada responden yang pernah datang ke Prawira Taman Cafe & Resto, dan didapatkan bahwa mereka cenderung tidak ingin datang kembali karena adanya permasalahan pada service quality. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas service quality (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible) terhadap niat beli ulang konsumen di Prawira Taman Cafe & Resto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan explanatory research. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode judgement sampling dengan kriteria responden yang pernah mengunjungi dan membeli produk dari prawira taman cafe & resto. Responden yang diambil untuk penelitian ini berjumlah 100 orang. Setelah penulis melakukan kuesioner, penulis mengolah data dengan menggunakan analisa deskriptif dan analisa regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, didapatkan bahwa tiga dimensi service quality yaitu, dimensi assurance, empathy dan tangible berpengaruh positif secara signifikan pada niat beli ulang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh variabel persepsi service quality secara simultan terhadap niat beli ulang.