Abstract:
Smartphone merupakan alat telekomunikasi yang sudah tidak asing bagi manusia. Indonesia sendiri merupakan negara keempat terbesar di dunia sebagai pengguna smartphone. Berdasarkan hasil preliminary research terhadap 15 responden, keseluruhan responden sudah mengetahui merek Nokia dan 12 diantaranya pernah menggunakan Nokia.
Namun 10 responden mempersepsikan smartphone Nokia mempunyai fitur dan model yang kurang bagus, 3 responden mempersepsikan smartphone Nokia sudah kalah saing dengan merek lain, 1 responden mempersepsikan harga smartphone Nokia tidak sesuai dengan kualitas, dan 1 responden mempersepsikan smartphone Nokia jarang dipakai orang. Lebih lanjut lagi, 10 responden menjawab tidak bersedia untuk membeli smartphone Nokia sedangkan 5 responden mempertimbangkan untuk membeli smartphone Nokia. Dari hasil
preliminary research tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh customer perceived value yang terdiri dari performance value (X1), emotional value (X2), price/value of money (X3), social value (X4), service value (X5), dan personnel value (X6) terhadap niat beli (Y)
smartphone Nokia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah applied research dengan menggunakan metode explanatory research. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 100 responden yang diteliti berdasarkan judgement sampling
dengan kriteria pernah atau belum pernah menggunakan smartphone Nokia. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik dan analisis regresi linier berganda. Hasil regresi linear penelitian berganda penelitian ini menunjukkan bahwa customper perceived value yang terdiri dari performance value (X1), emotional value (X2),
price/value of money (X3), social value (X4), service value (X5), dan personnel value (X6) secara simultan berpengaruh positif terhadap niat beli (Y). Namun, hanya ada dua dimensi
variabel independen yang berpengaruh terhadap variabel dependen secara parsial yaitu dimensi performance value (X1) sebesar 46.9% dan dimensi social value (X4) sebesar 37.9%. Berdasarkah hasil perhitungan koefisien determinasi simultan, tabel adjusted R
square menunjukkan kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 69.5% dan sisanya yaitu 30.5% adalah kontribusi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.