Abstract:
Dealpro Event Organizer merupakan perusahaan yang bergerak di
bidang event organizer dan menjalankan personal selling untuk mendapatkan klien. Pada kenyataannya, pelaksanaan personal selling yang dijalankan belum dapat meningkatkan jumlah klien yang ditargetkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan personal selling yang telah
dilakukan oleh Dealpro dalam mendapatkan klien dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Dealpro dalam menjalankan setiap tahapan personal selling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dealpro telah menjalankan
tahapan-tahapan personal selling antara lain prospective customers and qualifiying, pre-approaches, presentations and demonstrations, overcoming objection, closing dan follow up and maintenance, akan tetapi pelaksanaannya masih belum optimal sehingga tidak mencapai target. Faktor pendukung yang dimiliki oleh Dealpro antara lain ketersediaan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi, memiliki
company profile yang lengkap, memiliki banyak pengalaman, memiliki tim yang lengkap, memiliki administrasi yang tertib, memiliki layanan event yang relevan dengan kebutuhan klien. Adapun faktor penghambatnya antara lain kurangnya respon positif dari calon klien pada saat prospective customers and qualifiying, company profile yang kurang menarik pada saat presentations and demonstrations,
kurangnya kemampuan bernegosiasi pada saat overcoming objection, adanya prosedur yang rumit pada saat closing, dan pada tahap follow up and maintenance klien tidak kembali menggunakan jasa Dealpro karena tidak sering menyelenggarakan event. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, pada tahap prospective customers and qualifiying Dealpro disarankan untuk membuat kualifikasi secara lebih rinci dan menggunakan software lead distibution system.
Pada tahap pre-approaches Dealpro disarankan mempelajari informasi sebanyakbanyaknya mengenai calon klien. Pada tahap presentations and demonstrations Dealpro disarankan melakukan inovasi agar presentasi lebih menarik. Pada tahap overcoming objection, Dealpro meningkatkan kemampuan bernegosiasi, memberikan manfaat dan nilai lebih bagi klien dan memberikan jaminan akan kinerja layanan Dealpro. Pada tahap closing, Dealpro harus memberikan dorongan
bagi klien untuk mempercepat closing. Pada tahap follow Up and maintenance harus dapat memantau kepuasan pelanggan, menjalin komunikasi berkelanjutan dengan klien, dan memberikan promosi.