Analisis Technology Acceptence Model (TAM) aplikasi Shopee pada UMKM di Kabupaten Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Winata, Iqbal Arif
dc.date.accessioned 2023-07-20T02:54:27Z
dc.date.available 2023-07-20T02:54:27Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43051
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15527
dc.description 24745 - FE en_US
dc.description.abstract Dewasa ini teknologi internet memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan, tidak terkecuali pada dunia bisnis. Kemajuan teknologi internet menyebabkan terjadinya pergeseran dalam dunia usaha yang ditandai dengan adanya penggunaan e-commerce. E-commerce menjadi penghubung antara penjual dengan konsumen dari produk yang mereka jual. Mayoritas dari penjual yang terdapat pada e-commerce tersebut merupakan pelaku UMKM. Menurut data yang dikeluarkan oleh opendata.jabarprov.go.id (2021) Kabupaten Bandung memiliki jumlah UMKM terbesar di Wilayah Metropolitan Bandung yaitu sebanyak 476954 UMKM. Berdasarkan data tersebut maka penulis menjadikan pelaku UMKM di Kabupaten Bandung sebagai responden dari penelitian yang penulis lakukan. Setelah itu melakukan preliminary research dengan responden sebanyak 85 orang, mayoritas dari responden sebanyak 22 orang menggunakan Shopee dalam aktivitas usaha mereka. Berdasarkan hasil preliminary research maka penulis memutuskan untuk memilih Shopee sebagai objek penelitian. Untuk dapat mengetahui adaptasi teknologi dari Shopee pada UMKM di Kabupaten Bandung penulis menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk mengukur adaptasi teknologi tersebut. Penulis menggunakan tiga variabel TAM yaitu perceived ease of use, perceived usefulness, behavioral intention. Lewat penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui hubungan dari variabel-variabel tersebut, dan juga persepsi dari responden terhadap aplikasi tersebut. Dalam penelitian ini penulis telah mengumpulkan sebanyak 137 orang responden melalui kuesioner. Berdasarkan data yang telah penulis kumpulkan tersebut selanjutnya penulis melakukan pengujian model penelitian melalui aplikasi Smartpls 3 dengan metode analisis partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil analisis persepsi pengguna dari variabel perceived ease of use, perceived usefulness, behavioral intention lewat perhitungan nilai rata-rata hitung hasil yang didapatkan dapat dikatakan baik. Selain itu untuk hasil analisis pengaruh dari perceived ease of use terhadap perceived usefulness, perceived ease of use terhadap behavioral intention, dan perceived usefulness terhadap behavioral intention memiliki hasil signifikan positif. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Shopee en_US
dc.subject e-commerce en_US
dc.subject UMKM en_US
dc.subject perceived ease of use en_US
dc.subject perceived usefulness en_US
dc.subject behavioral intention en_US
dc.title Analisis Technology Acceptence Model (TAM) aplikasi Shopee pada UMKM di Kabupaten Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120108
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account