Abstract:
Pada masa sekarang ini industri kuliner di Bandung terus meningkat. Hal ini terlihat semakin banyak toko, cafe dan restaurant baru yang menjual berbagai
macam makanan di Bandung. Karena banyaknya ragam pilihan makanan yang ditawarkan di kota Bandung membuat para wisatawan ingin membawa oleh-oleh untuk dibawah pulang. Salah satu oleh-oleh dari Bandung yang sudah terkenal adalah Brownies Amanda. Hampir selama kurun waktu lima tahun Amanda masuk dalam kategori TOP BRAND AWARD sebagai produk brownies yang terkenal dan paling banyak dicari. Brownies Amanda tidak saja menjual brandnya, namun dari segi kualitas dan cita rasa sangat menjanjikan.
Berdasarkan fakta diatas, maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa Brownies Amanda memiliki image yang baik dalam memberikan pesan dan kesan sehingga menimbulkan persepsi yang baik juga dibenak konsumen. Mulai dari kemasan yang rapi dan higienis, serta kualitas yang premium, maka peneliti mengambil rumusan masalah "Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Brownies Amanda Cabang Dago Bandung".
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor brand image yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen di Brownies Amanda cabang Dago, Bandung.
Peneliti menggunakan metode penelitian survei dengan jenis kausal yang memiliki pengaruh diantara dua variabel. Sedangkan teknik pengambilan data diperoleh dari wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Brownies Amanda. Untuk memperoleh data, maka peneliti mengambil sampel sebanyak 150 responden dengan menggunakan sampling incidental.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh brand image terhadap loyalitas konsumen yang cukup besar dan hal ini juga membuktikan bahwa Brownies Amanda mendapat tanggapan yang baik dari responden. Selain itu hasil dimensi yang digunakan yaitu dimensi keuntungan pengalaman dan dimensi keuntungan fungsi mendapatkan tanggapan sangat baik, sedangkan hasil dimensi keuntungan simbol, dimensi keuntungan sosial, dan loyalitas konsumen mendapatkan tanggapan yang baik.