Kajian nilai arsitektur indis dan neo-gotik pada sekolah Santa Ursula Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aly, Sudianto
dc.contributor.author Fransisca, Kathleen
dc.date.accessioned 2023-05-30T06:21:57Z
dc.date.available 2023-05-30T06:21:57Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42675
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15182
dc.description 6424 - FTA en_US
dc.description.abstract Sekolah Santa Ursula memiliki nilai-nilai yang menetapkannya sebagai objek yang patut dilestarikan. Nilai tersebut meliputi usia dan nilai arsitektur berupa kemampuannya dalam menggambarkan langgam arsitektur Indis dan arsitektur Neo-Gotik. Fungsi objek sebagai sekolah, tempat ibadah, dan tempat tinggal mendesaknya untuk memenuhi perkembangan kebutuhan fungsi tersebut, berdampak terhadap bentuk ruang dan tatanan pada sekolah, sehingga nilai arsitektur yang dimiliki dapat bergeser. Wawasan terhadap pembentuk nilai dapat membantu memahami apa saja yang dapat dilestarikan pada sekolah sehingga nilai tidak terlalu jauh bergeser, berdampingan dengan perubahan dilakukan terhadapnya. Perubahan terhadap bentuk dan tatanan ruang pada sekolah tidak dapat dihindari, maka pembentuk nilai yang dapat diteliti dan dipertahankan dalam pengembangan sekolah ialah elemen arsitektur yang dimilikinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif terhadap elemen arsitektur pada sekolah dan perbandingan elemen arsitektur tersebut dengan elemen arsitektur Indis dan Neo-gotik. Data diperoleh melalui studi literatur terhadap nilai arsitektur objek pelestarian, dan teori arsitektur yang berkembang di Indonesia pada periode dibangunnya objek, serta studi lapangan dengan pendataan pada objek berupa dokumentasi, observasi, dan wawancara. Elemen arsitektur sebagai salah satu pembentuk langgam arsitektur dengan keragaman bentuk, pola, material, dan penggunaanya. Keragaman elemen arsitektur dipahami lebih lanjut melalui kajian langgam arsitektur Indis dan neo-gotik dari bangunan yang telah ditetapkan menggambarkan langgam tersebut. Elemen yang ditetapkan menggambarkan arsitektur indis meliputi fasad, entrance dan beranda, arcades, lantai, kolom, jendela, bukaan, langit-langit, tangga, balkon, railing, atap dan attic, inner courtyard, dan menara. Penelitian elemen pada objek dilakukan pada blok yang terdapat pada objek dan telah diketahui dibangun pada periode berkembangnya langgam arsitektur tersebut. Dikelompokan sesuai fungsi dan periode dibangunnya, diteliti 6 kelompok blok bangunan yang kemudian ditetapkan memiliki elemen-elemen arsitektur Indis maupun Neo-gotik, membentuk nilai arsitektur objek. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Arsitektur Indis en_US
dc.subject Arsitektur Neo-gotik en_US
dc.subject Elemen arsitektur en_US
dc.subject Sekolah Santa Ursula Jakarta en_US
dc.title Kajian nilai arsitektur indis dan neo-gotik pada sekolah Santa Ursula Jakarta en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017420106
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8857999920
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account