Evaluasi penerapan desain universal pada perancangan Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya

Show simple item record

dc.contributor.advisor Lukman, Aldyfra Luhulima
dc.contributor.author Viola, Agneta
dc.date.accessioned 2023-05-30T06:18:42Z
dc.date.available 2023-05-30T06:18:42Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42676
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15181
dc.description 6425 - FTA en_US
dc.description.abstract Desain universal merupakan konsep perancangan yang berprinsip bahwa produk sebuah rancangan seharusnya dapat dimanfaatkan oleh semua orang tanpa diskriminasi umur, ukuran, ataupun kemampuan. Seiring dengan berjalannya waktu, konsep desain universal kerap ditemukan dalam karya-karya arsitektur guna meningkatkan inklusivitas terkait lingkup penggunanya. Karya arsitektur ini tentunya juga mencakup sekolah. Sebagai wadah aktivitas belajar, sekolah perlu memaksimalkan potensi anak-anak dalam kawasan yang terlindungi dan aman, terutama untuk sekolah-sekolah yang mengakomodasi anak-anak usia dini, yang merupakan lingkungan pertama anak untuk belajar secara mandiri tanpa pengawasan orang tua. Kompleksitas dari implementasi desain universal pada bangunan akan meningkat apabila sekolah memiliki program khusus yang mengakomodasi, tidak hanya anak-anak usia dini, tetapi juga anak-anak usia dini dengan kebutuhan khusus. Di zaman yang semakin inklusif, program all-inclusive dalam pendidikan yang disertai dengan perancangan sekolah yang sesuai merupakan kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri. Sekolah Bogor Raya merupakan salah salah satu instansi pendidikan yang memiliki program allinclusive dalam tingkat playgroup dan taman kanak-kanak, dan keberadaan program tersebut merupakan salah satu pertimbangan dalam proses perancangannya sehingga cocok dijadikan objek studi untuk penelitian ini. Penelitian menggunakan metode evaluatif dengan pendekatan kuantitatif melalui perancangan matriks beserta parameter penilaian. Setiap poin penilaian dari matriks kemudian divalidasi oleh arsitek Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya sehingga dapat diambil kesimpulan yang lebih komprehensif. Perancangan matriks mengintegrasi tiga referensi, yakni The Habitability Framework, Tujuh Prinsip Desain Universal, dan Panduan Sekolah Ramah Anak, sedangkan data dari Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya dikumpulkan melalui proses observasi gambar kerja prakonstruksi yang dilengkapi dengan wawancara dengan perancang. Data-data beserta instrumen penelitian digunakan untuk menentukan elemen-elemen desain apa saja yang merupakan implementasi dari desain universal beserta sejauh mana implementasi tersebut dilakukan dalam konteks perancangan Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya. Melalui proses penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pencapaian perancangan Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya dalam mengimplementasikan desain universal sudah baik. Meskipun demikian, penerapan tiap-tiap prinsip desain universal masih dapat ditingkatkan. Elemenelemen desain yang merupakan implementasi desain universal pada bangunan Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya mencakup jalur sirkulasi, pintu, tempat cuci tangan, konfigurasi ruang, pencapaian akses toilet perempuan dan laki-laki, ram umum, tangga umum, bukaan, struktur, alat proteksi kebakaran, jalur evakuasi, alat peringatan bahaya, akses petugas pemadam kebakaran, perabot toilet, dan wastafel. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject anak usia dini en_US
dc.subject desain universal en_US
dc.subject playgroup en_US
dc.subject Sekolah Bogor Raya en_US
dc.subject taman kanak-kanak en_US
dc.title Evaluasi penerapan desain universal pada perancangan Playgroup dan TK Sekolah Bogor Raya en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017420102
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429057608
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur 


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account