Kajian persepsi ruang sinematik dengan menggunakan media virtual reality

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wijayaputri, Caecilia Srikanti
dc.contributor.author Syaputra, Adjie
dc.date.accessioned 2023-05-26T02:45:42Z
dc.date.available 2023-05-26T02:45:42Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp43021
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/15171
dc.description 6471 - FTA en_US
dc.description.abstract Parasite sebagai film yang menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangi Palme d'Or memiliki latar setting film yang menarik secara arsitektur. Dengan terciptanya objek studi dalam ruang virtual ini, penulis berharap dapat mengkaji persepsi ruang sinematik didalam film parasite tersebut dengan menggunakan media virtual reality. Pengalaman spasial dalam ruang pada film terbentuk dengan adanya beberapa faktor. Diantaranya keterlibatan, perwujudan, dan keserentakan. Sehingga, ruang spasial dapat diciptakan dan direpresentasikan menggunakan media Virtual Reality untuk mengkaji pengalama spasial dalam ruang pada film tersebut. Orientasi dan pergerakan pengguna dalam virtual reality yang diciptakan membuat pengalaman spasial dalam ruang pada film semakin nyata. Metode penelitian yang dipakai didalam penelitian ini merupakan eksperimen serta deskriptif kualitatif dengan memaparkan Analisa objek studi berdasarkan teori latar setting dalam film. Data yang diambil merupakan data fisik berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan oleh responden. Dengan metode yang melibatkan responden kedalam ruang virtual reality, akan dinilai apakah virtual reality bisa merepresentasikan ruang secara virtual dengan orientasi responden sebagai faktor utama dalam penelitian ini. Virtual Reality membantu elemen arsitektur dalam merepresentasikan ruang dengan sangat baik. Kualitas visual yang bisa ditampilkan pada media virtual reality dapat membangun persepsi melalui pengalaman media tersebut sehingga menyerupai ruang nyata, meskipun terdapat beberapa keterbatasan dengan menggunakan media virtual reality seperti atmosfir dalam ruang dan suara. Hal ini sangat memungkinkan bentukan arsitektur untuk dapat dieksplorasi dengan lebih lagi di dunia sementara tersebut. Sehubungan dengan konteks sinematik ruang dalam film, virtual reality ini dapat dimanfaatkan untuk mempelajari bagaimana caranya arsitektur dapat membangun persepsi dalam ruang melalui studi sinematik dalam film ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject eksperimen en_US
dc.subject virtual reality en_US
dc.subject parasite en_US
dc.subject deskriptif-kualitatif en_US
dc.subject persepsi ruang. en_US
dc.title Kajian persepsi ruang sinematik dengan menggunakan media virtual reality en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017420069
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420018007
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account