Abstract:
Pendidikan saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk tiap tahunnya di Indonesia, menjadikan tingginya minat masyarakat untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak. Kesadaran orang tua dalam memberikan pendidikan terbaik tentunya menjadi peluang bagi setiap institusi pendidikan untuk dapat menyediakan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini. Sekolah A hadir untuk memenuhi harapan orang tua dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas. Sekolah A menerapkan strategi diferensiasi dalam pelayanan pendidikannya. Dengan banyaknya pesaing yang ada, tentunya hal ini menciptakan persaingan yang ketat pada industri yang sama.
Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif analisis dengan metode penelitian studi kasus. Teknik dari pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Fokus dari penelitian ini adalah untuk melihat implementasi strategi diferensiasi pada Sekolah A mengacu pada analisis kualitas produk, teknologi inovasi dan layanan pelanggan dan perbandingan dengan kompetitor.
Berdasarkan hasil penelitian, Strategi diferensiasi Sekolah A diimplementasikan dengan mengacu pada kualitas produk, teknologi inovasi dan layanan pelanggan. Hal ini ditujukan dengan adanya fasilitas penunjang pendidikan baik produk maupun layanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor, Strategi diferensiasi ini terbukti mampu dapat bersaing.