Abstract:
Saat ini, adanya budaya Korea yang masuk ke Indonesia, tentu sangat
berpengaruh ke dalam bisnis kuliner yang bertemakan Korea ini. Bisnis kuliner
yang bertemakan Korea di Bandung ini berkembang begitu pesat, hal ini dapat
dilihat banyak jumlah usaha rumah makan bertema Korea di kota Bandung dan
bersaing dengan ketat. HU HAN Korean Bbq merupakan rumah makan yang
bertemakan Korea. Di dalam suatu bisnis kuliner sangatlah penting bagi rumah
makan untuk melayani konsumen dengan baik sehingga konsumen dapat merasa
puas dan mempengaruhi niat beli ulang konsumen.
Berdasarkan hasil preliminary research terhadap 25 responden, 68% atau
17 responden dari total 25 responden menyatakan bahwa responden tidak ingin
melakukan pembelian kembali yang dikarenakan service quality yang merupakan
suatu layanan yang diberikan karyawan HU HAN Korean Bbq tersebut tidak
dapat memenuhi keinginan serta kebutuhan konsumen yang diberikan dengan
baik. Maka dari itu, dengan adanya pendapat konsumen yang tidak baik atas
service quality di HU HAN Korean Bbq menyebabkan rendahnya niat konsumen
untuk melakukan pembelian ulang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pendapat konsumen atas service quality dengan 5 dimensi, diantaranya pendapat
konsumen atas responsiveness (X1), pendapat konsumen atas empathy (X2),
pendapat konsumen atas reliability (X3), pendapat konsumen atas tangible (X4),
pendapat konsumen atas assurance (X5), dan niat beli ulang (Y) di HU HAN
Korean Bbq. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mengetahui apakah pendapat
konsumen atas service quality berpengaruh positif terhadap niat beli konsumen di
HU HAN Korean Bbq
Pada pelaksanaan penelitian ini, jenis penelitian ini adalah applied
research dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
deskriptif dan eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan 100 responden untuk diteliti berdasarkan judgement sampling
dengan kriteria semua konsumen yang pernah berkunjung dan menikmati produk
di rumah makan HU HAN Korean Bbq Bandung paling lama 2 tahun terakhir.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online yang
selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis linear berganda. Hasil
dari analisis linear berganda adalah terdapatnya pengaruh positif antara variabel
empathy (X2), reliability (X3), dan tangible (X4) terhadap niat beli ulang (Y).
Adapun terdapat besaran nilai pada (R2) yang diperoleh bahwa adanya kontribusi
dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 64.0% dan sisanya
adalah 36.0% adalah faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.