Pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap intention to use aplikasi Resso pada Gen-Z di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Cahiadharma, Ignatius Harry
dc.date.accessioned 2023-03-14T04:02:13Z
dc.date.available 2023-03-14T04:02:13Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42810
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14606
dc.description 24635 - FE en_US
dc.description.abstract Digital Music Streaming Services (DMSS) adalah salah satu sarana kemudahan untuk mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja. Dalam kurun 5 tahun terakhir, sudah banyak aplikasi musik bermunculan dan banyak konsumen di Indonesia yang melakukan brand switching terhadap suatu brand. Adapun brand DMSS yang paling sering digunakan dalam penelitian ini adalah Spotify, Youtube Music, Apple Music, dan Joox, Serta ditemukan 1 brand baru bernama Resso yang memiliki potensi bersaing dengan brand lainnya. Resso adalah aplikasi musik yang hadir pada tahun 2019 menargetkan generasi Z di Indonesia. Sayangnya keberadaan Resso belum banyak diketahui dan belum menjadi top of mind bagi generasi Z di Indonesia. Berdasarkan hasil preliminary research, Resso belum dapat menyaingi brand yang paling sering digunakan dan tidak ada yang berniat menggunakan aplikasi tersebut. Bila Resso ingin bersaing, perlu diketahui sejauh mana tingkatan brand awareness dan perceived quality Resso, bila dibandingkan dengan brand yang paling sering digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh antara variabel independen brand awareness (X1) dan perceived quality (X2) terhadap variabel dependen intention to use (Y) Resso dan brand yang paling sering digunakan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan explanatory untuk melihat pengaruh antar variabel, serta menggambarkan keadaan yang sedang terjadi. Sampel penelitian ini di peroleh sebanyak 200 responden yang suka dan pernah menggunakan aplikasi digital music streaming services, serta beberapa responden pernah menggunakan aplikasi Resso. Data pada penelitian ini di dapat dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, dan observasi. Pada penelitian ini dilakukan analisis dengan cara deskriptif dan menggunakan analisis linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda pada brand Resso terdapat pengaruh positif antara variabel independen brand awareness (X1), dan perceived quality (X2) terhadap variabel dependen intention to use (Y) sedangkan untuk brand yang paling sering digunakan hanya variabel perceived quality (X2) yang berpengaruh terhadap intention to use (Y). Hasil analisis deskriptif brand Resso untuk keseluruhan variabel cenderung lebih rendah dibandingkan dengan brand yang paling sering digunakan. Sedangkan dari hasil independent sample t-test seluruh variabel brand Resso dinyatakan memiliki perbedaan yang signifikan dengan brand yang paling sering digunakan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject digital music streaming services en_US
dc.subject brand awareness en_US
dc.subject perceived quality en_US
dc.subject intention to use en_US
dc.title Pengaruh brand awareness dan perceived quality terhadap intention to use aplikasi Resso pada Gen-Z di Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801221
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account