Abstract:
Digital Music Streaming Services (DMSS) adalah salah satu sarana kemudahan untuk
mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja. Dalam kurun 5 tahun terakhir, sudah
banyak aplikasi musik bermunculan dan banyak konsumen di Indonesia yang
melakukan brand switching terhadap suatu brand. Adapun brand DMSS yang paling
sering digunakan dalam penelitian ini adalah Spotify, Youtube Music, Apple Music,
dan Joox, Serta ditemukan 1 brand baru bernama Resso yang memiliki potensi bersaing
dengan brand lainnya. Resso adalah aplikasi musik yang hadir pada tahun 2019
menargetkan generasi Z di Indonesia. Sayangnya keberadaan Resso belum banyak
diketahui dan belum menjadi top of mind bagi generasi Z di Indonesia. Berdasarkan
hasil preliminary research, Resso belum dapat menyaingi brand yang paling sering
digunakan dan tidak ada yang berniat menggunakan aplikasi tersebut. Bila Resso ingin
bersaing, perlu diketahui sejauh mana tingkatan brand awareness dan perceived
quality Resso, bila dibandingkan dengan brand yang paling sering digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh antara variabel
independen brand awareness (X1) dan perceived quality (X2) terhadap variabel
dependen intention to use (Y) Resso dan brand yang paling sering digunakan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan explanatory untuk melihat
pengaruh antar variabel, serta menggambarkan keadaan yang sedang terjadi. Sampel
penelitian ini di peroleh sebanyak 200 responden yang suka dan pernah menggunakan
aplikasi digital music streaming services, serta beberapa responden pernah
menggunakan aplikasi Resso. Data pada penelitian ini di dapat dengan menyebarkan
kuesioner, wawancara, dan observasi. Pada penelitian ini dilakukan analisis dengan
cara deskriptif dan menggunakan analisis linear berganda.
Hasil uji regresi linear berganda pada brand Resso terdapat pengaruh positif
antara variabel independen brand awareness (X1), dan perceived quality (X2) terhadap
variabel dependen intention to use (Y) sedangkan untuk brand yang paling sering
digunakan hanya variabel perceived quality (X2) yang berpengaruh terhadap intention
to use (Y). Hasil analisis deskriptif brand Resso untuk keseluruhan variabel cenderung
lebih rendah dibandingkan dengan brand yang paling sering digunakan. Sedangkan
dari hasil independent sample t-test seluruh variabel brand Resso dinyatakan memiliki
perbedaan yang signifikan dengan brand yang paling sering digunakan.