Analisis pemasok sepeda menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Toko Sepeda "HJ" Tegal

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fitriani, Katlea
dc.contributor.author Handoko, Joshua Ricardo
dc.date.accessioned 2023-03-14T03:34:38Z
dc.date.available 2023-03-14T03:34:38Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42807
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14603
dc.description 24632 - FE en_US
dc.description.abstract Saat ini perkembangan bisnis sudah berkembang dengan sangat pesat, hal ini membuat seluruh perusahaan harus dapat bersaing secara global. Salah satu hal yang terpenting untuk dapat meningkatkan kinerja perusahaan yaitu dengan memiliki pemasok yang tepat. Untuk dapat memiliki pemasok yang tepat, perusahaan perlu melakukan analisa terhadap pemasok dengan cermat dan tepat, karena dengan memiliki pemasok yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan perusahaan maka akan meningkatkan kinerja perusahaan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria yang terpenting dari kriteria QCDFR (Quality, Cost, Delivery, Flexibility, Responsiveness) pemasok Toko Sepeda “HJ”, dalam mengetahui pemasok sepeda mana yang terbaik dari masing-masing kriteria QCDFR berdasarkan metode AHP, dan mengetahui pemasok sepeda mana yang terbaik dari keseluruhan kriteria QCDFR berdasarkan metode AHP. Metode AHP adalah suatu metode untuk mengambil keputusan yang terbaik dari beberapa kriteria yang ada. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan 5 kriteria yaitu quality, cost, delivery, flexibility, dan responsiveness. Kriteria quality menilai dari segi kualitas produk dari pemasok. Kriteria cost menilai harga yang diberikan oleh pemasok. Kriteria delivery menilai kemampuan pengiriman pemasok. Kriteria flexibility menilai kemampuan pemasok dalam memenuhi perubahan permintaan. Kriteria responsiveness menilai kemampuan pemasok dalam merespon masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif karena bertujuan untuk menjelaskan mengenai urutan pemasok sepeda terbaik yang dimiliki oleh Toko Sepeda “HJ” Tegal. Objek penelitian ini adalah Toko Sepeda “HJ”, dimana toko sepeda ini memiliki 4 pemasok, yaitu pemasok yang berlokasi di Cirebon, Pemalang, Semarang, dan Cilacap. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terhadap pemilik Toko Sepeda “HJ”. Teknis analisis data yang digunakan adalah menggunakan pairwise comparison matrix. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria cost merupakan kriteria yang terpenting dibandingkan dengan kriteria quality, delivery, flexibility, dan responsiveness. Urutan pemasok yang terbaik berdasarkan quality, cost, delivery, flexibility, dan responsiveness adalah “Pemasok Cilacap” dengan hasil 0,422, dilanjutkan dengan “Pemasok Cirebon” dengan hasil 0,249, “Pemasok Semarang” dengan hasil 0,198, dan “Pemasok Pemalang” dengan hasil 0,131. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Supply Chain Management en_US
dc.subject Kriteria QCDFR en_US
dc.subject Analytical Hierarchy Process (AHP). en_US
dc.title Analisis pemasok sepeda menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Toko Sepeda "HJ" Tegal en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801179
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404059002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account