Analisis pemilihan supplier menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) : studi kasus pada CV. Sinar Labelindo

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fitriani, Katlea
dc.contributor.author Susanto, Steven
dc.date.accessioned 2023-03-14T03:00:13Z
dc.date.available 2023-03-14T03:00:13Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42800
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14599
dc.description 24625 - FE en_US
dc.description.abstract Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang percetakan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan kertas struk atau kertas kasir, CV. Sinar Labelindo perlu menjaga kualitas produk dan pelayanan yang ditawarkan untuk menjaga loyalitas konsumen-konsumennya. Dalam pelaksanaan proses bisnis, perusahaan kerap menemukan kendala dalam aspek biaya, waktu, dan mutu yang utamanya disebabkan oleh supplier kurang mampu memenuhi standar kerja perusahaan. Untuk menjaga kelancaran aktivitas bisnis serta kinerja perusahaan di mata konsumennya, perlu dilakukan upaya pemilihan ulang supplier terbaik yang optimal bagi perusahaan dengan memperhatikan kriteria penting yang diutamakan perusahaan. Banyaknya faktor yang mempengaruhi kriteria pemilihan serta jumlah keputusan yang hendak diambil pada proses pemilihan ulang supplier terbaik bagi CV. Sinar Labelindo mendukung penggunaan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada penelitian ini. Penggunaan metode AHP mendukung adanya struktur yang tersusun dalam suatu hierarki (kriteria hingga subkriteria terpilih) serta memampukan adanya pemecahan masalah yang diteliti dengan multi objek dan multi kriteria. Berdasarkan hasil wawancara, pemilihan supplier bagi CV. Sinar Labelindo dilakukan dengan metode QCDFR, dengan 5 kriteria utama yaitu: Quality, Cost, Delivery, Flexibility, Responsiveness. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif, dimana penelitian memberikan gambaran sistematis, faktual, dan akurat terkait hubungan antar kriteria dan subkriteria yang diteliti serta pengumpulan data diimplementasikan sebagai rekomendasi akhir untuk meningkatkan dan memperbaiki objek proses pemilihan supplier pada CV. Sinar Labelindo. Data diperoleh dari sumber primer, dengan melakukan wawancara secara langsung, serta sumber sekunder dari literatur dan penelitian-penelitian terdahulu. Pada penelitian ini, penulis membatasi penelitian pada unit analisis terkait kriteria pemilihan supplier terhadap penjualan kertas struk pada CV. Sinar Labelindo. Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi data dalam menentukan supplier, kiteria Quality (kualitas) merupakan kriteria terpenting, dilanjutkan dengan kriteria Responsiveness pada urutan kedua, kriteria Cost (biaya) pada urutan ketiga, kriteria Delivery (pengiriman) pada urutan keempat, serta kriteria Flexibility (fleksibilitas) pada urutan terakhir. Pada pembobotan subkriteria, diperoleh hasil bahwa subkriteria ‘Daya serap tinta pada kertas tinggi’ merupakan subkriteria terpenting, sementara subkriteria ‘Kemudahan mengatur waktu pembayaran’ berada pada urutan prioritas terendah. Berdasarkan hasil perhitungan evaluasi supplier menggunakan metode AHP, diperoleh hasil bahwa supplier terbaik merupakan supplier asal Karawang, diikuti dengan supplier asal Kudus, serta supplier asal Jakarta pada peringkat terakhir. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject kriteria en_US
dc.subject metode Analytical Hierarchy Process (AHP) en_US
dc.subject QCDFR en_US
dc.subject subkriteria dan supplier. en_US
dc.title Analisis pemilihan supplier menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process) : studi kasus pada CV. Sinar Labelindo en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801097
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404059002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account