Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan aplikasi Ajaib

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Mulyadi, Shelly
dc.date.accessioned 2023-03-13T06:14:15Z
dc.date.available 2023-03-13T06:14:15Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42796
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14593
dc.description 24621 - FE en_US
dc.description.abstract Melihat semakin berkembangnya dunia investasi zaman sekarang ditambah lagi dengan masa pandemi yang masih belum mereda. Masyarakat mulai sadar akan pentingnya investasi baik saham maupun reksa dana. Dengan adanya fenomena tersebut, Aplikasi Ajaib dapat masuk menjadi salah satu aplikasi investasi yang sudah diunduh lebih dari 1 juta orang pengguna. Hal tersebut menjadikan Aplikasi Ajaib sebagai aplikasi investasi yang paling banyak diunduh dibandingkan dengan dengan kompetitornya. Aplikasi Ajaib merupakan aplikasi yang menyediakan layanan investasi saham maupun reksa dana dalam 1 aplikasi yang dapat diakses secara online. Untuk dapat mengetahui penerimaan teknologi di masyarakat terkait dengan Aplikasi Ajaib, maka diperlukan sebuah pengukuran dengan menggunakan adaptasi dari Technology Acceptance Model (TAM) dengan konstruk yang telah dimodifikasi. Variabel yang digunakan sebagai berikut perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, trust, dan intention to use. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pengguna dan pengaruh hubungan dari setiap variabel-variabel pada Aplikasi Ajaib. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 109 responden yang pernah menggunakan Aplikasi Ajaib dengan metode pengisian melalui survey. Pengujian model penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis partial least square-structural equation modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil analisis persepsi pengguna terhadap variabel perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, trust, dan intention to use dikatakan baik yang dihitung dari kalkulasi nilai rata-rata hitung. Untuk hasil analisis pengaruh pada perceived ease of use terhadap perceived usefulness, perceived usefulness terhadap intention to use, trust terhadap intention to use, dan perceived ease of use melalui perceived usefulness terhadap intention to use memiliki pengaruh positif yang signifikan. Untuk pengaruh trust terhadap perceived risk dan perceived risk terhadap intention to use memiliki pengaruh negatif secara signifikan. Untuk pengaruh perceived ease of use terhadap intention to use dan trust terhadap perceived usefulness memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan. Sedangkan untuk perceived risk terhadap perceived usefulness memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Ajaib en_US
dc.subject fintech en_US
dc.subject perceived usefulness en_US
dc.subject perceived ease of use en_US
dc.subject trust en_US
dc.subject perceived risk en_US
dc.subject intention to use. en_US
dc.title Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan aplikasi Ajaib en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801032
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account