Abstract:
Melihat semakin berkembangnya dunia investasi zaman sekarang ditambah lagi
dengan masa pandemi yang masih belum mereda. Masyarakat mulai sadar akan
pentingnya investasi baik saham maupun reksa dana. Dengan adanya fenomena
tersebut, Aplikasi Ajaib dapat masuk menjadi salah satu aplikasi investasi yang
sudah diunduh lebih dari 1 juta orang pengguna. Hal tersebut menjadikan Aplikasi
Ajaib sebagai aplikasi investasi yang paling banyak diunduh dibandingkan dengan
dengan kompetitornya. Aplikasi Ajaib merupakan aplikasi yang menyediakan
layanan investasi saham maupun reksa dana dalam 1 aplikasi yang dapat diakses
secara online. Untuk dapat mengetahui penerimaan teknologi di masyarakat
terkait dengan Aplikasi Ajaib, maka diperlukan sebuah pengukuran dengan
menggunakan adaptasi dari Technology Acceptance Model (TAM) dengan
konstruk yang telah dimodifikasi. Variabel yang digunakan sebagai berikut
perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, trust, dan intention to
use.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pengguna dan pengaruh
hubungan dari setiap variabel-variabel pada Aplikasi Ajaib. Pengumpulan data
pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 109 responden yang pernah
menggunakan Aplikasi Ajaib dengan metode pengisian melalui survey. Pengujian
model penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis partial least
square-structural equation modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS.
Hasil analisis persepsi pengguna terhadap variabel perceived ease of use,
perceived usefulness, perceived risk, trust, dan intention to use dikatakan baik
yang dihitung dari kalkulasi nilai rata-rata hitung. Untuk hasil analisis pengaruh
pada perceived ease of use terhadap perceived usefulness, perceived usefulness
terhadap intention to use, trust terhadap intention to use, dan perceived ease of use
melalui perceived usefulness terhadap intention to use memiliki pengaruh positif
yang signifikan. Untuk pengaruh trust terhadap perceived risk dan perceived risk
terhadap intention to use memiliki pengaruh negatif secara signifikan. Untuk
pengaruh perceived ease of use terhadap intention to use dan trust terhadap
perceived usefulness memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan.
Sedangkan untuk perceived risk terhadap perceived usefulness memiliki pengaruh
negatif namun tidak signifikan.