Abstract:
Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan bertumbuhnya
industri pangan di Indonesia. Dengan meningkatnya industri pangan di Indonesia
ini juga memicu munculnya bisnis di industri pangan yang berinovasi untuk
membuat suatu produk baru dengan tujuan untuk menarik perhatian dan
memudahkan konsumen. Seperti adanya layanan pesan antar pada suatu bisnis
kuliner yang dapat menjadi nilai tambah bagi konsumen untuk ingin melakukan
transaksi. Didapatkan lebih dari 30 juta orang udah memakai layanan pesan antar,
baik itu melalui aplikasi penyedia makanan dan minuman atau situs web. Mc
Donald’s merupakan salah satu aplikasi penyedia makanan dan minuman serta jasa
layanan pesan antar yang ada di Indonesia. E-service quality dapat menjadi salah
satu faktor penentu konsumen untuk memiliki keinginan menggunakan kembali
sebuah aplikasi penyedia makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh kepuasan konsumen atas E-service quality terhadap niat
menggunakan kembali pada aplikasi Mc Donald’s.
Jenis penelitian ini adalah applied research dengan metode
deskriptif dan kuantitatif dengan model penelitian menggunakan analisis regresi
lineran berganda. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan
menyebarkan kuesioner kepada 201 responden dengan teknik purposive sampling
yang memiliki kriteria responden yang pernah membuka dan/atau melakukan
transaksi pada aplikasi Mc Donald’s.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi pendukung dari
kepuasan atas kualitas layanan online yaitu, responsiveness, reliability, efficiency,
system availability, privacy memiliki pengaruh yang positif terhadap niat
menggunakan kembali pada aplikasi Mc Donald’s secara keseluruhan. Didapatkan
hasil dari regresi sebesar 0.704.