Abstract:
Indomie dan Mie Sedaap merupakan perusahaan mie instan yang dapat disebut
sebagai perusahaan yang mendominasi pasar mie instan di Indonesia. Indomie dan Mie
Sedaap memiliki peringkat yang saling berdekatan dalam Fast Moving Consumer Goods
2021, top brand index, serta market share dimana Indomie selalu berada di atas Mie
Sedaap. Indomie dan Mie Sedaap memiliki produk yang serupa yaitu Indomie goreng dan
Mie Sedaap goreng. Penulis pun melakukan preliminary research kepada 25 responden,
20 dari 25 responden lebih memilih membeli dan mengkonsumsi Indomie goreng dan 5
responden lainnya lebih memilih Mie Sedaap goreng. Responden menyebutkan alasan
mereka lebih memilih Indomie goreng dibandingkan Mie Sedaap goreng adalah karena
food quality.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh food quality terhadap brand
preference Indomie goreng dan Mie Sedaap goreng. Variabel independen (X) yang
digunakan adalah food quality dengan dimensi rasa (X1), tekstur (X2), aroma (X3) dan
porsi (X4). Sedangkan variabel dependen (Y) yang digunakan adalah brand preference.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan
eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara tidak
terstruktur, kuesioner, dan literature review. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden
dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden harus sudah pernah
membeli dan mencoba Indomie goreng dan Mie Sedaap goreng. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear
berganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rasa (X1), tekstur (X2), aroma (X3),
berpengaruh secara signifikan terhadap brand preference. Sedangkan dimensi porsi (X4)
tidak berpengaruh secara signifikan karena tidak memenuhi kriteria pengujian melalui
metode stepwise. Berdasarkan hasil tabel r square kontribusi variabel bebas terhadap
variabel terikat bisa diterima sebesar 65,4% artinya sisanya sekitar 34,6% dijelaskan oleh
variable lain yang tidak dibuat modelnya dan tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Penulis
memberikan saran kepada Mie Sedaap goreng, karena berdasarkan pembahasan dan
analisis, responden lebih memilih Indomie goreng. Penulis memberikan saran agar Mie
Sedaap goreng menambahkan rasa gurih tanpa MSG, menambahkan variasi rasa baru,
menambahkan cara pemasakaan pada bungkus lebih detail, dan memperhatikan bumbu
aroma menggunggah selera.