Abstract:
Pertumbuhan industri makanan dan minuman selama pandemi
COVID-19 hanya tumbuh sebesar 2,9 persen pada semester I tahun 2021. Pada
tahun 2020 industri makanan dan minuman hanya tumbuh sebesar 1,6 persen.
Pertumbuhan ini lebih rendah dari 2019 yang tumbuh menjadi 7,8 persen year on
year.Salah satu perusahaan minuman bubble drink yaitu, Chatime melakukan
strategi co-branding dengan karakter 3D Illumination Entertainment yaitu,
Minions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh cobranding
dan brand association terhadap niat beli Chatime X minions.
Menggunakan metode penelitian deskriptif, data dikumpulkan
melalui observasi, wawancara, kuisioner dan studi literature. Menggunakan nonprobability
sampling dengan metode judgement sampling yaitu, responden yang
merupakan penggemar mengkonsumsi bubble drink dan tahu akan produk
Chatime X Minions. Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEMPLS)
adalah teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini.
Pada penelitian ini menunjukan hasil bahwa co-branding
berpengaruh signifikan terhadap brand association tetapi tidak terhadap niat beli
konsumen. Brand association berperan sebagai mediasi dan berpengaruh
signifikan terhadap niat beli.