Abstract:
Semakin berkembangnya zaman, teknologi juga ikut terus berkembang.
Internet tidak hanya untuk informasi dan komunikasi saja, tetapi internet juga dapat
digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan adanya belanja online
(online shopping). Saat ini, masyarakat dapat melakukan belanja online pada
berbagai platform e-commerce. Salah satu e-commerce yang ada di Indonesia yaitu
Forum Jual Beli Kaskus. Forum Jual Beli Kaskus merupakan salah satu ecommerce
yang populer. Saat ini, Forum Jual Beli Kaskus mengalami penurunan.
Hal ini dapat dilihat dari menurunnya traffic pada tahun 2014 dan pada tahun 2020.
Berdasarkan keluhan konsumen dari internet dan preliminary research yang
dilakukan, mereka tidak memiliki niat beli ulang pada Forum Jual Beli Kaskus. Hal
ini disebabkan oleh e-service quality yang tidak baik pada Forum Jual Beli Kaskus.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality
terhadap niat beli ulang konsumen Forum Jual Beli Kaskus. Metode yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah deskriptif eksplanatori. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan judgment sampling dengan kriteria orang yang pernah
melakukan pembelian melalui Forum Jual Beli Kaskus dengan jumlah 100
responden. Selain itu, dilakukan juga uji regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini adalah dari empat dimensi e-service quality
(efficiency, fulfillment, system availability, dan privacy), tiga dimensi yaitu
fulfillment, system availability, dan privacy berpengaruh terhadap niat beli ulang.
Dari hasil ini, Forum Jual Beli Kaskus masih harus melakukan peningkatan pada eservice
quality yang dimiliki agar konsumen melakukan pembelian ulang. E-service
quality pada Forum Jual Beli Kaskus berpengaruh sebesar 69,5% terhadap niat beli
ulang konsumen.