Pengaruh kepuasan konsumen atas food quality dan harga terhadap niat beli ulang di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Sandjaja, Steven Ignatius
dc.date.accessioned 2023-03-09T04:12:58Z
dc.date.available 2023-03-09T04:12:58Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp42761
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/14566
dc.description 24586 - FE en_US
dc.description.abstract Meminum kopi sudah menjadi gaya hidup baru pada masyarakat Indonesia jaman ini. Dengan meningkatnya konsumsi kopi di Indonesia, hal ini memicu pertumbuhan kedai kopi atau coffee shop baik dari luar negeri maupun lokal. Dan salah satu brand kedai kopi lokal yang cukup ternama di Indonesia adalah Maxx Coffee. Maxx Coffee sendiri merupakan merupakan kedai kopi asal Indonesia yang didirikan pertama kali pada April 2015 di Cikarang oleh Lippo Grup, yang hingga saat ini sudah memiliki kurang lebih 88 gerai di 22 kota di Indonesia dan salah satunya adalah Bandung. Di Bandung sendiri, Maxx Coffee awalnya memiliki tiga cabang namun satu cabang, yaitu Istana Plaza, sudah resmi tutup secara permanen, sehingga hanya menyisakan dua cabang lainnya, yaitu Bandung Indah Plaza dan Stasiun Bandung. Walaupun terletak di dalam mall yang cukup strategis, Maxx Coffee Bandung Indah Plaza sering kali sepi penunjung. Berdasarkan hasil preliminary research kepada 17 responden yang pernah mengunjungi dan membeli produk minuman Maxx Coffee Bandung Indah Plaza, 13 dari 17 responden tidak berniat untuk membelinya kembali. Penulis menemukan bahwa responden menilai food quality dan harga yang ditawarkan Maxx Coffee Bandung Indah Plaza masih kurang baik dibandingkan dengan para pesaingnya. Hal ini yang penulis duga menyebabkan konsumen merasa tidak puas sehingga menyebabkan rendahnya niat beli ulang di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen atas food quality (X1), yang dalam konteks penelitian ini adalah kualitas minuman, dan kepuasan konsumen atas harga (X2) terhadap niat beli ulang (Y) di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen atas food quality dan harga memiliki pengaruh positif terhadap niat beli ulang di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza. Penelitian ini termasuk ke dalam applied research dengan menggunakan metode deskriptif dan ekplanatori, sedangkan berdasarkan dimensi waktunya termasuk kedalam cross-sectional. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah mengunjungi dan membeli atau mencoba produk minuman di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza dan bukan di cabang lain. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan terkumpulah sebanyak 201 responden. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, Importance-Performance Analysis, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan kepuasan konsumen atas food quality (X1) terhadap niat beli ulang (Y) di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza dengan nilai kontribusi sebesar 51,9%. Sedangkan hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa konsumen merasa tidak puas terhadap food quality namun sudah merasa cukup puas terhadap harga yang ditawarkan di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza. Penulis menyarankan pihak Maxx Coffee Bandung Indah Plaza untuk fokus dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja food quality dengan cara mengkaji ulang setiap komposisi (standard portion size) minuman kopi maupun non-kopi dengan melakukan benchmarking terhadap beberapa coffee shop ternama di Bandung, untuk mendapatkan rasa dan konsistensi minuman yang digemari oleh masyarakat pada umumnya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject kepuasan konsumen en_US
dc.subject food quality en_US
dc.subject harga en_US
dc.subject niat beli ulang en_US
dc.subject analisis linear berganda en_US
dc.title Pengaruh kepuasan konsumen atas food quality dan harga terhadap niat beli ulang di Maxx Coffee Bandung Indah Plaza en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120040
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account