Abstract:
Dengan semakin berkembangnya media digital membuat semua
orang tidak bisa lepas dari media digital. Karena banyak orang yang menggunakan
media digital maka banyak produk – produk yang melakukan promosi produknya
melalui platform media digital. Media digital yang digunakan dapat beragam, mulai
dari Youtube, Instagram, Line, Twitter, dan lainnya. Dalam platform tersebut,
produk yang dipromosikan sangat beragam terutama brand fashion. Salah satu
brand fashion yang sangat masif melakukan iklan media digital adalah H&M. Iklan
media digital H&M memiliki pengaruh terhadap niat beli konsumen. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara iklan media digital H&M terhadap
niat beli konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode ekslpanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan survey,
kuesioner dibagikan kepada 100 orang dan studi literatur. Teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini adalah non - probability sampling dengan judgemental
sampling dengan kriteria yang ditentukan oleh penulis. Kriterianya adalah memiliki
umur antara 15 – 65 tahun, merupakan konsumen H&M, dan mengetahui produk
fashion H&M. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisa
kuantitatif dengan metode regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini terdapat 4 variabel independen yang memiliki pengaruh
positif terhadap niat beli konsumen dan 2 variabel independen yang tidak memiliki
pengaruh terhadap niat beli konsumen. Variabel yang memiliki pengaruh terhadap
niat beli konsumen adalah variabel kredibilitas, accessibility, entertaining,
dan interactivity. Sedangkan variabel keinformatifan dan irritation tidak memiliki
pengaruh terhadap variabel niat beli konsumen.