Abstract:
Minyak, gas, dan panas bumi merupakan energi yang berperan penting bagi
kelangsungan hidup masyarakat. PT X merupakan badan usaha yang bergerak di bidang
eksplorasi minyak, gas, dan panas bumi. Hasil minyak bumi di Indonesia tidak cukup untuk
memenuhi permintaan domestik, sehingga dilakukan impor untuk memenuhi setengah
penggunaan minyak bumi domestik (EIA, 2021). Pada tahun 2018 terjadi peningkatan laba
perusahaan, tetapi pada tahun 2019 dan 2020 terdapat penurunan laba yang sangat drastis.
Terdapat masalah di dalam kualitas pelayanan rig pengeboran, sehingga harus diperbaiki.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang perlu diperbaiki.
Metode analisis deskriptif digunakan dengan teknik analisis Importance
Performance Analysis (IPA). Teknik pengumpulan data melalui observasi studi literatur,
wawancara, dan angket yang disebarkan kepada 43 konsumen yang penah menggunakan
jasa penyewaan rig PT X secara purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan PT X memiliki tingkat
kepentingan dan kinerja yang terbagi menjadi 4 (empat) kuadran skala prioritas. Peralatan
rig, kelengkapan spare part rig, kecepatan penggantian spare part rig, ketetapatan waktu
karyawan, kecepatan memberikan solusi, dan pemenuhan permintaan konsumen berada di
kuadran 2 (dua) sehingga harus diperbaiki.