Abstract:
Meningkatnya tren gaya hidup untuk pergi makan dan berkumpul di restoran di
kota-kota besar salah satunya Bandung, menjadikan persaingan di dunia kuliner ini
yang berfokus pada makanan dan minuman semakin ketat. The White Clover Resto
& Dine adalah restoran yang didirikan pada tahun pertengahan 2017 dan sangat
mengikuti tren yang pada industry ini. Namun The White Clover mengalami
penururan penjulan jika dibandingkan dengan tahun pertamanya buka yang hanya
sekitar enam bulan berjalan dibandingkan dengan penjualan tahun penjualan
berikutnya sangat signifikan. Penulis melakukan observasi langsung dan
mewawancarai manager dari The White Clover dan mendapatkan data penjualan
dari The White Clover Resto & Dine dan keluhan selalu sepi pelanggan. Melalui
preliminary research terhadap 23 responden terdapat 16 responden yang pernah
menjadikan The White Clover Resto & Dine sebagai pilihan utamanya bila ingin
mengunjungi restoran. Akan tetapi, saat ini hanya terdapat 6 responden yang masih
memilih The White Clover Resto & Dine dan sisanya memilih restoran lain. Hal ini
menunjukan bahwa The White Clover Resto & Dine memiliki Niat Beli Ulang
konsumen yang kurang baik. Kemudian penulis melanjutkan penelitian kepada 17
responden yang sudah tidak memilih The White Clover dan penulis mendapatkan
jawaban dari 16 responden tersebut permasalahan yag didaptkan yaitu, kurangnya
kepuasan pada product, promotion, dan process yang dimana ketiga aspek tersebut
ada didalam bauran pemasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan
konsumen atas Product, Promotion, dan Process terhadap Niat Beli Ulang The
konsumen di The White Clover Resto & Dine. Variable bebas (X) yang digunakan
pada penelitian ini yaitu Product (X1), Promotion (X2), dan Process (X3).
Sedangkan Variabel bebas (Y) yang digunakan yaitu Niat Beli Ulang.
Metode penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah
deskriptif dan explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner ke 100 responden dengan
menggunakan convenience sampling dimana responden merupakan sampel dari
populasi masyarakat kota Bandung yang pernah mengunjungi The White Clover
Resto & Dine dengan rentan usia 18-30 tahun.
Hasil dari penelitian ini menunjukan kepuasan konsumen atas
variable Product, Promotion, dan Process berpengaruh signifikan secara simultan
maupun parsial terhadap Niat Beli Ulang konsumen The White Clover Resto &
Dine. Besar kontribusi dari ketiga varibael tersbut terhadap Niat Beli Ulang
sebersar 51%. Penulias menyrankan agar The White Clover Resto & Dine meninjau
kembali produk yang ditawarkan, penampilan dari produk, promosi yang
dilakukan, dan proses dari pelayanan yang diberikan supaya lebih baik.