Abstract:
Sejalan dengan berkembangnya perbankan dari waktu ke waktu,
perbankan sudah menjadi salah satu hal penting di dalam menunjang
pembangunan nasional, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan
masyarakat. Salah satu program perbankan untuk dapat melayani nasabah dengan
efektif dan efisien adalah dengan melakukan branchless banking. Di mana bank
melakukan kerjasama dengan nasabah untuk menjadi agen yang dapat melakukan
transaksi perbankan. Salah satunya adalah Agen BRILink dari Bank BRI.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas dari
agen BRILink di dalam meningkatkan transaksi BRI dan bagaimana pencapaian
target transaksinya. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (X),
yaitu jumlah agen BRILink dan variabel terikat (Y), yaitu jumlah transaksi
Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa data hasil rekapitulasi
kinerja Agen BRILink. Metode analisa yang dilakukan di penelitian ini meliputi
penghitungan rata – rata jumlah transaksi per agen untuk mengetahui bagaimana
efektivitas dari agen BRILink di dalam mencapai target jumlah transaksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan rata – rata jumlah
transaksi per agen, didapatkan hanya 25% saja yang berhasil mencapai target
jumlah transaksi. Sisa 75%nya belum bisa mencapai jumlah target yang
ditentukan pada periode tersebut. Sehingga apabila dilihat berdasarkan
perhitungan rata – rata jumlah transaksi per agen maka agen BRILink belum
efektif di dalam mencapai target jumlah transaksi yang telah ditetapkan.