Abstract:
Sosial media digunakan sebagai alat untuk berinteraksi dengan orang dari
berbagai kalangan. Media sosial yang palng banyak digunakan saat ini salah
satunya adalah instagram. Intagram banyak digunakan perusahaan untuk
berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen, melihat tren yang sedang
berlangsung, serta membangun citra merek.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tipe post dan online
engagement di merek tas lokal yang sudah terkenal dan penjualannya tinggi dengan
online shop yang masih baru dan penjualannya cenderung rendah. Penelitian ini
menggunakan data post yang diunggah oleh empat online shop yang menjadi objek
penelitian dari 1 November 2019 hingga 30 April 2019. Jumlah postingan yang
dianalisa pada penelitian ini berjumlah 280 postingan
Kesimpulan penelitian ini yaitu tipe post yang paling banyak digunakan
oleh ke-empat online shop yaitu tipe post produk dengan kategori Outfit Of The Day
(OOTD)/review konsumen. Penelitian juga menunjukan perbedaan tipe post produk
dari online shop Reka_co belum memiliki tinggkat online engagement yang tinggi
dapat dilihat dari tingkat variasi model atau gaya kurang beragam. Untuk tipe post
promosi Reka_co tidak memiliki konten promosi yang menarik dibandingkan
Visvalbags, Svggest, dan Vront.co. Dilihat dari tipe post hiburan online shop
Reka_co kurang memperhatikan konten yang akan dikonsumsi konsumen, dan
Reka_co belum pernah memposting tentang konten event/acara.