Abstract:
Pencahayaan pada ruang kelas merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi
kenyamanan visual dalam kegiatan belajar bagi siswa. Penggunaan cahaya alami
seharusnya lebih diutamakan karena dapat meningkatkan kinerja siswa, namun sifat cahaya
alami yang berubah-ubah membuat peran pencahayaan buatan tidak kalah penting. Agar
sistem pencahayaan buatan dapat berintegrasi baik dengan cahaya alami yang masuk,
menciptakan distribusi cahaya merata serta kenyamanan visual, maka diperlukan
manajemen pencahayaan. Pencahayaan ruang kelas yang baik harus memiliki tingkat
pencahayaan minimal 350 lux dengan penggunaan daya listrik di bawah 15 W/m2 (SNI
6197-2011) dan nilai indeks UGR <19 (EN 12464-1).
SMA Talenta Bandung memiliki banyak ruang kelas dengan posisi berbeda,
sehingga tercipta pola penyebaran dan tingkat pencahayaan alami yang bervariasi. Hal
tersebut membuktikan bahwa setiap ruang kelas memerlukan manajemen pencahayaan
tersendiri, namun pada kondisi eksisting, jenis, daya, dan susunan lampu, serta
pengelompokan sakelar pada seluruh ruang kelas justru sama persis. Penelitian ini
bertujuan untuk menciptakan pencahayaan yang baik pada ruang kelas di SMA Talenta
agar siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan baik dan nyaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi pasca huni dengan pendekatan
kuantitatif-kualitatif. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam pengumpulan serta analisis
data dimensi dan pencahayaan, hingga pada tahap penarikan hasil. Sedangkan pendekatan
kualitatif diterapkan dalam pengumpulan dan analisis data umum. Proses pengumpulan
data hingga penarikan hasil dilakukan dengan observasi pada objek serta simulasi
pencahayaan menggunakan perangkat lunak DIALux Evo 9.2. Penelitian dilakukan pada
lima ruang kelas sampel yang tersebar pada bangunan SMA Talenta Bandung.
Kemiripan hasil analisis data pencahayaan dapat mengelompokan lima ruang kelas
sampel ke dalam tiga kelompok, yaitu pola linier gabungan dengan tingkat pencahayaan
jauh di bawah ketentuan SNI, pola linier memanjang dengan tingkat pencahayaan yang
sangat kontras (500 lux-20 lux), dan pola linier memanjang lainnya dengan tingkat
pencahayaan 500 lux-100 lux. Hasil analisis menyatakan bahwa seluruh ruang kelas di
SMA Talenta memerlukan baris lampu tambahan (menjadi tiga baris lampu) karena
memiliki kedalaman ruang hingga delapan meter. Manajemen pencahayaan juga dapat
didukung oleh penggunaan dimmer dengan sensor intensitas.
Hasil analisis simulasi manajemen pencahayaan menghasilkan pembagian kelompok
sakelar yang menyesuaikan pola penyebaran cahaya alami. Pada kelompok ruang kelas 1
dibagi menjadi empat kelompok sakelar, sedangkan pada kelompok ruang kelas 2 dan 3
dibagi menjadi tiga kelompok sakelar. Jenis dan daya lampu yang disarankan untuk seluruh
ruang kelas merupakan lampu jenis TL LED dengan daya 16 dan 18 watt. Kesimpulan
manajemen pencahayaan dengan susunan, pengelompokan, serta kriteria lampu yang
dipilih sudah sesuai dengan batas konsumsi daya listrik dan bebas dari gangguan silau.