Analisis efektivitas pelatihan financial life skills tingkat reaction dan learning pada empat institusi di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Harsono, Regina Deti Mulyo
dc.contributor.author Hendrawan, Kezia Jessica
dc.date.accessioned 2022-11-21T08:17:53Z
dc.date.available 2022-11-21T08:17:53Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42215
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13779
dc.description 24405 - FE en_US
dc.description.abstract Banyak perusahaan menganggap bahwa pelatihan menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk keberlangsungan suatu organisasi. Mengevaluasi efektivitas pelatihan menjadi komponen penting dalam menganalisis, merancang, mengembangkan, dan melaksanakan program pelatihan yang efektif. Pelatihan Financial Life Skills (FLS) yang dirancang dan terus dilaksanakan oleh program YEP-USAID sejak tahun 2017 telah memberdayakan lebih dari 9.600 remaja berusia 18-34 tahun di seluruh Indonesia. Program pelatihan ini membutuhkan analisis untuk mengetahui seberapa efektifkah suatu program pelatihan ini dilaksanakan. Hal ini dapat menjadi evaluasi dari pelatihan yang telah dilaksanakan untuk mengadakan program pelatihan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pelatihan Financial Life Skills (FLS) pada tingkat kepuasan dan tingkat perubahan pengetahuan dari peserta program pelatihan Financial Life Skills (FLS) di Kota Bandung. Dengan mengukur efektivitas program pelatihan FLS ini, pihak YEP-USAID diharapkan dapat mengukur sejauh mana program yang telah YEP-USAID kelola sesuai dengan harapan atau ekspektasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan mengumpulkan hasil dari observasi serta dokumendokumen terkait dengan data pelatihan Financial Life Skills (FLS) di Jawa Barat yakni di Bandung. Penulis melakukan analisa dengan teknik analisis dokumen dengan melakukan interpretasi dokumen survey serta tes yang ada dari pihak YEP-USAID. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas program pelatihan FLS pada tingkat reaction dan learning sudah terbilang cukup efektif. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat reaction yang terdiri dari course material dengan presentase 89,35%, content relevance untuk relevan sebesar 37,04% dan sangat relevan sebesar 62,08% serta metode pelatihan dengan presentase sebesar 88,14%. Kemudian, untuk tingkat learning sebagian besar peserta mengalami peningkatan yang positif (Angka poin meningkat setelah mengikuti pelatihan) sebanyak 56 responden dengan presentase 57,73%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Pelatihan en_US
dc.subject Efektivitas Pelatihan en_US
dc.title Analisis efektivitas pelatihan financial life skills tingkat reaction dan learning pada empat institusi di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120052
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416057301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account