Pengaruh Word of Mouth terhadap niat beli smartphone Nokia di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Girsang, Desy Natalia
dc.date.accessioned 2022-11-21T06:16:09Z
dc.date.available 2022-11-21T06:16:09Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42217
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13774
dc.description 24407 - FE en_US
dc.description.abstract Nokia merupakan perusahaan asal Finlandia yang dikenal dengan produk smartphone-nya. Brand ini sempat dinobatkan sebagai smartphone dengan tingkat popularitas tertinggi di masyarakat pada tahun 2007 silam. Pangsa pasar yang dimiliki oleh Nokia berkisar 41% dan mampu bertahan selama enam tahun sebagai ponsel yang banyak diminati. Ketatnya persaingan berdampak terhadap penurunan penjualan yang dialami oleh perusahaan Nokia pada tahun 2013 hingga saat ini. Pada tahun 2020, Nokia sudah tidak termasuk kedalam nominasi lima brand smartphone dengan penjualan terbesar. Hasil dari preliminary research yang dilakukan kepada 19 responden menunjukkan bahwa mayoritas responden tidak bersedia untuk membeli produk Nokia karena merasa sudah lama tidak mendengar eksistensi dari brand tersebut. Hal ini mengindikasikan rendahnya Word of Mouth akan produk Nokia dari pengguna smartphone di Kota Bandung. Word of Mouth sendiri merupakan tindakan dimana seorang pembeli memberikan pendapat mereka tentang suatu produk atau layanan. Informasi yang diberikan lewat Word of Mouth dianggap lebih relevan sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara Word of Mouth terhadap niat beli smartphone Nokia di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian smartphone di Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden yang dijadikan sampel adalah para pengguna smartphone yang mengetahui brand Nokia di Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif dan regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis penelitian akan diuji menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa dimensi pendukung dari Word of Mouth, yaitu volume dan dispersion memiliki pengaruh positif terhadap niat beli konsumen terhadap smartphone Nokia di Kota Bandung sebesar 59,4%, dengan hasil uji hipotesis dinyatakan berpengaruh signifikan. Hasil dari analisa regresi linear sederhana menunjukkan bahwa Y = -0,235 + 0,308X + e. Persamaan tersebut menunjukkan jika variabel Word of Mouth (X) meningkat sebesar satu dan variabel lainnya konstan, maka niat beli (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,308. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Word of Mouth en_US
dc.subject Niat Beli en_US
dc.subject Analisis Regresi Linear Sederhana en_US
dc.title Pengaruh Word of Mouth terhadap niat beli smartphone Nokia di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120063
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.nidn/nidk KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account