Pengaruh marketing communication mix terhadap niat beli konsumen di JD.ID Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Limbo, Oudrixs Mario
dc.date.accessioned 2022-11-18T06:36:18Z
dc.date.available 2022-11-18T06:36:18Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42222
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13769
dc.description 24412 - FE en_US
dc.description.abstract Tidak dapat dipungkiri pesatnya perkembangan teknologi di dunia sangat cepat. Seperti sekarang dengan perkembangan teknologi salah satunya internet dapat menghubungkan masyarakat di dunia satu sama lain tidak mengenal jarak maupun waktu. Hal tersebut membantu dalam sektor bisnis. Salah satu kemajuan teknologi di bidang bisnis bisa dilihat dari munculnya e-commerce. JD.ID merupakan suatu marke place e-commerce yang menjual berbagai macam produk secara online di Indonesia. Setelah penulis melakukan observasi, penulis mendapatkan ada gejala bahwa sangat sedikit orang yang mengunjungi marke place JD.ID. Padahal di Indonesia saat ini sedang pesatnya perkembangan marketplace dan belanja online. Penulis pun melakukan penelitian awal dengan mewawancarai 38 orang responden yang mengetahui JD.ID. Dari hasil wawancara awal, didapatkan 35 dari 38 responden mengatakan bahwa mereka tidak berniat untuk berbelanja online di JD.ID. Kebanyakan dari responden beralasan bahwa mereka tidak pernah/jarang mendengar promo-promo menarik yang ditawarkan oleh JD.ID. Dan ada juga yang merasa bahwa promo yang ditawarkan oleh JD.ID tidak menarik. Oleh karena itu, penulis merasa bahwa terdapat masalah pada aspek marketing communication mix dari JD.ID sehingga menyebabkan kurangnya niat beli di JD.ID. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing communication mix terhadap niat beli di JD.ID Indonesia. Varibel independen dalam penelitian ini adalah marketing communication mix (X) dengan dimensi advertising, sales promotion, event and experience, public relation and publicity, direct marketing, dan online and social media marketing. Sedangkan variabel dependennya adalah niat beli (Y). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi literatur, dan penyebaran kuesioner pada 200 responden dengan teknik nonprobability sampling metode judgement sampling yang dimana teknik pengambilan sampelnya dibatasi oleh kriteria khusus. Kriteria khususnya adalah masyarakat Indonesia yang pernah melakukan belanja online lewat marke place dan mengetahui, pernah mengakses, mendaftar di e-commerce marketplace JD.ID, dan tidak pernah membeli lewat marketplace JD.ID. Teknik analisis datanya adalah deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Dengan menggunakan IBM SPSS 26, hasilnya variabel dalam marketing communication mix yang berpengaruh secara simultan terhadap niat beli adalah event and experience (X3), public relation and publicity (X4), online and social media marketing (X5), dan direct marketing (X6). Karena nilai t hitung lebih kecil dari 1,652. Untuk pengujian signifikansi, didapatkan hasil bahwa event and experience (X3), public relation and publicity (X4), online and social media marketing (X5), dan direct marketing (X6) masing-masing berpengaruh positif terhadap niat beli. Karena p-value lebih kecil dari 0,05. Didapat juga hasil nilai adjusted R square sebesar 0,760 yang berarti kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 76% dan sisanya 24% adalah faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject marketing communication mix en_US
dc.subject advertising en_US
dc.subject sales promotion en_US
dc.subject event and experience en_US
dc.subject public relation and publicity en_US
dc.subject online and social media marketing en_US
dc.subject direct en_US
dc.subject marketing en_US
dc.subject niat beli en_US
dc.subject IBM SPSS en_US
dc.title Pengaruh marketing communication mix terhadap niat beli konsumen di JD.ID Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120078
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account