Abstract:
Seiring berjalannya waktu, usaha bidang makanan dan minuman terus bersaing
secara ketat karena jumlahnya yang terus bertambah. Salah satu pelaku usaha
tersebut adalah merek minuman bubble tea bernama Onezo khusunya untuk
cabang Mall Paris Van Java. Setelah penulis melakukan observasi, didapatkan hasil
bahwa merek minuman ini kalah bersaing, jumlah pembelian setiap harinya sangat
rendah dibandingkan dengan merek produk sejenis lainnya. Melihat hal tersebut,
dilakukan penelitian awal wawancara kepada 26 orang responden yang merupakan
penikmat bubble tea dan pernah mencoba minuman dari merek Onezo di Mall Paris
Van Java. Dari hasil wawancara awal, didapat bahwa sebesar 73,07% atau 19 dari
26 orang responden mengatakan bahwa mereka tidak mau melakukan pembelian
ulang di Onezo dan memilih untuk membeli produk bubble tea di tempat lain selain
Onezo dengan alasan kualitas dari minuman dan penawaran harga yang diberikan
dirasa kurang baik. Oleh karena itu, penulis merasa bahwa terdapat masalah pada
aspek food quality dan price sehingga menyebabkan kurangnya niat konsumen
untuk membeli ulang produk Onezo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh food quality dan price
terhadap niat beli ulang Onezo Malll Paris Van Java. Variabel independen yang
digunakan pada penelitian ini adalah food quality (X1) dengan dimensi tekstur,
kualitas dalam hal rasa, cita rasa yang khas dan variasi. Variabel independen yang
digunakan lainnya adalah price (X2) dengan dimensi keterjangkauan harga,
kesesuaian harga dengan kualitas, daya saing harga, dan kesesuaian dengan
manfaat. Sedangkan, variabel dependen yang digunakan adalah niat beli ulang (Y).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan eksplanatori dengan
pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara awal, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada 200 responden
dengan teknik non-probability sampling metode purposive sampling yaitu teknik
pengambilan sampel yang dibatasi oleh kriteria khusus untuk responden yaitu
pernah membeli dan mencoba Onezo Paris Van Java. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear
berganda.
Dengan menggunakan IBM SPSS 22, didapat hasil bahwa variabel food
quality (X1) dan price (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel niat beli
ulang (Y) karena nilai p-value lebih kecil dari 0.05. Untuk pengujian signifikansi,
didapat hasil bahwa variabel food quality (X1) dan variabel price (X2) masingmasing
memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap variabel niat beli ulang
(Y) karena karena nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Selain itu didapat juga hasil
nilai adjusted R Square sebesar 0.823 yang dapat diartikan bahwa kontribusi
variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 82,3% dan
sisanya (17,7%) adalah faktor lain yang tidak dijelaskan di penelitian ini.