Analisis proses suksesi perusahaan keluarga pada PT. Balai Iklan (generasi 2 - generasi 3)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Karina, Laurentia
dc.date.accessioned 2022-11-17T06:17:25Z
dc.date.available 2022-11-17T06:17:25Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42231
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13760
dc.description 24421 - FE en_US
dc.description.abstract Perusahaan keluarga merupakan salah satu kontributor terpenting dalam perekonomian suatu negara. Keberhasilan proses suksesi dalam perusahaan keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan perusahaan tersebut. Perusahaan dapat bertahan dan berkembang apabila dapat melakukan regenerasi kepemilikan dari pihak pendiri kepada generasi penerusnya dengan baik. Namun, pada faktanya ternyata proses suksesi banyak yang mengalami kegagalan sehingga peneliti ingin membahas proses suksesi yang baik agar perusahaan keluarga dapat bertahan. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas mengenai proses suksesi yang telah dilakukan oleh PT. Balai Iklan dari generasi kedua menuju ke generasi ketiga dengan 4 indikator yang digunakan yaitu pemilihan suksesor, pengembangan dan pemeliharaan suksesor, keterlibatan suksesor, serta analisis dan evaluasi pasca suksesi. PT. Balai Iklan sebagai unit analisis penelitian saat ini sudah dijalankan oleh generasi ketiga.. Proses suksesi PT. Balai Iklan menjadi garis besar dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian applied research dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah empat orang, yaitu suksesor generasi kedua yaitu Andreas Ardi Purnama, suksesor generasi ketiga yaitu Susilawati Purnama, dan dua narasumber pendukung dari pihak keluarga , Anneke Ingrid Rezanti dan Laura Purnama. Harapan peneliti dengan melakukan wawancara mendalam, peneliti bisa mendapatkan data yang akurat sehingga informasi yang didapat dapat diolah dan dianalisis menjadi hasil suatu penelitian yang berguna bagi pembaca. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Balai Iklan telah berhasil melakukan proses suksesi sehingga perusahaan dapat tetap bertahan hingga dijalankan oleh generasi tiga. Proses yang dilakukan perusahaan sesuai dengan teori yang disampaikan oleh Susanto, Miller, Morris, Maltz, Shenhar, dan Reilly yaitu pemilihan suksesor dengan mempertimbangkan beberapa kriteria, pengembangan dan pemeliharaan suksesor, keterlibatan suksesor ,serta analisis dan evaluasi pasca suksesi.. Harapan dengan adanya penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan pelaku usaha mengenai proses suksesi dalam bisnis keluarga dan memberikan referensi kepada pembaca yang hendak menggunakan proses suksesi dalam pengelolaan bisnis keluarganya. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Perusahaan en_US
dc.subject Suksesi en_US
dc.subject Proses en_US
dc.subject Suksesor en_US
dc.subject Kriteria en_US
dc.title Analisis proses suksesi perusahaan keluarga pada PT. Balai Iklan (generasi 2 - generasi 3) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120106
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account