Abstract:
Perusahaan keluarga merupakan salah satu kontributor terpenting dalam perekonomian
suatu negara. Keberhasilan proses suksesi dalam perusahaan keluarga merupakan salah
satu faktor yang mempengaruhi keberlangsungan perusahaan tersebut. Perusahaan dapat
bertahan dan berkembang apabila dapat melakukan regenerasi kepemilikan dari pihak
pendiri kepada generasi penerusnya dengan baik. Namun, pada faktanya ternyata proses
suksesi banyak yang mengalami kegagalan sehingga peneliti ingin membahas proses
suksesi yang baik agar perusahaan keluarga dapat bertahan. Dalam penelitian ini, peneliti
akan membahas mengenai proses suksesi yang telah dilakukan oleh PT. Balai Iklan dari
generasi kedua menuju ke generasi ketiga dengan 4 indikator yang digunakan yaitu
pemilihan suksesor, pengembangan dan pemeliharaan suksesor, keterlibatan suksesor,
serta analisis dan evaluasi pasca suksesi.
PT. Balai Iklan sebagai unit analisis penelitian saat ini sudah dijalankan
oleh generasi ketiga.. Proses suksesi PT. Balai Iklan menjadi garis besar dalam penelitian
ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian applied research dengan
metode penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan metode
wawancara dan observasi. Narasumber dalam penelitian ini berjumlah empat orang, yaitu
suksesor generasi kedua yaitu Andreas Ardi Purnama, suksesor generasi ketiga yaitu
Susilawati Purnama, dan dua narasumber pendukung dari pihak keluarga , Anneke Ingrid
Rezanti dan Laura Purnama. Harapan peneliti dengan melakukan wawancara mendalam,
peneliti bisa mendapatkan data yang akurat sehingga informasi yang didapat dapat diolah
dan dianalisis menjadi hasil suatu penelitian yang berguna bagi pembaca.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Balai Iklan telah
berhasil melakukan proses suksesi sehingga perusahaan dapat tetap bertahan hingga
dijalankan oleh generasi tiga. Proses yang dilakukan perusahaan sesuai dengan teori yang
disampaikan oleh Susanto, Miller, Morris, Maltz, Shenhar, dan Reilly yaitu pemilihan
suksesor dengan mempertimbangkan beberapa kriteria, pengembangan dan pemeliharaan
suksesor, keterlibatan suksesor ,serta analisis dan evaluasi pasca suksesi.. Harapan
dengan adanya penelitian ini dapat memperkaya pengetahuan pelaku usaha mengenai
proses suksesi dalam bisnis keluarga dan memberikan referensi kepada pembaca yang
hendak menggunakan proses suksesi dalam pengelolaan bisnis keluarganya.