Abstract:
Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari orang pada masa kini.
Di indonesia internet setiap tahunnya meningkat. Pada akhir 2020 total
pengguna internet di indonesia mencapai 175,4 juta orang dibandingkan
dengan jumlah penduduk indonesia sebanyak 272,1juta. Dengan semakin
berkembangnya penggunaan internet di indonesia muncul suatu sistem
bisnis berbasis online. Indonesia sendiri merupakan negara dengan pangsa
pasar marketplace terbesar di Asia Tenggara, total pengguna marketplace
mencapai 90% dari total pengguna internet di indonesia. Tokopedia
merupakan sebuah platform jual beli online yang menjadi salah satu
marketplace terbesar di indonesia. E-service quality dan sales promotion
mempengaruhi niat beli konsumen dalam memilih marketplace. Penelitian
ini bertujua untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan sales
promotion terhadap niat beli ulang konsumen marketplace Tokopedia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui
observasi, studi literatur dan kuesioner yang disebarkan kepada 146
responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan
menggunakan metode purposive sampling yang memiliki kriteria yang
disesuaikan oleh penulis.Responden merupakan pengguna marketplace
Tokopedia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif dengan model penelitian menggunakan analisis linier
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel e-service quality
memiliki pengaruh positif terhadap niat beli ulang dengan hasil regresi
sebesar 0,411. Variabel sales promotion memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap niat beli ulang dengan hasil regresi sebesar 0,523.
Variabel e-service quality dan sales promotion berpengaruh secara positif
terhadap niat beli ulang di marketplace Tokopedia.
Kata Kunci : E-service quality, Sales promotion, Niat Beli Ulang,
Tokopedia
Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari orang pada masa kini.
Di indonesia internet setiap tahunnya meningkat. Pada akhir 2020 total
pengguna internet di indonesia mencapai 175,4 juta orang dibandingkan
dengan jumlah penduduk indonesia sebanyak 272,1juta. Dengan semakin
berkembangnya penggunaan internet di indonesia muncul suatu sistem
bisnis berbasis online. Indonesia sendiri merupakan negara dengan pangsa
pasar marketplace terbesar di Asia Tenggara, total pengguna marketplace
mencapai 90% dari total pengguna internet di indonesia. Tokopedia
merupakan sebuah platform jual beli online yang menjadi salah satu
marketplace terbesar di indonesia. E-service quality dan sales promotion
mempengaruhi niat beli konsumen dalam memilih marketplace. Penelitian
ini bertujua untuk menganalisis pengaruh e-service quality dan sales
promotion terhadap niat beli ulang konsumen marketplace Tokopedia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
explanatory research. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui
observasi, studi literatur dan kuesioner yang disebarkan kepada 146
responden. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan
menggunakan metode purposive sampling yang memiliki kriteria yang
disesuaikan oleh penulis.Responden merupakan pengguna marketplace
Tokopedia. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan
analisis kuantitatif dengan model penelitian menggunakan analisis linier
berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel e-service quality
memiliki pengaruh positif terhadap niat beli ulang dengan hasil regresi
sebesar 0,411. Variabel sales promotion memiliki pengaruh positif yang
signifikan terhadap niat beli ulang dengan hasil regresi sebesar 0,523.
Variabel e-service quality dan sales promotion berpengaruh secara positif
terhadap niat beli ulang di marketplace Tokopedia.