Abstract:
Dalam era yang serba digital saat ini industri yang berhubungan dengan e-commerce jenis
marketplace sedang berkembang dengan pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini dapat
terlihat pada tahun 2020 masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan waktu setidaknya 7
jam 59 menit untuk berkegiatan di internet dan sudah 64% masyarakat yang memiliki akses
ke internet, secara rinci lebih dari 100 juta orang Indonesia sudah pernah berbelanja online.
Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat
pada tahun 2019. Pada penelitian ini peneliti fokus kepada produk fashion karena produk
ini merupakan produk sehari-hari yang banyak dibeli oleh konsumen di berbagai
marketplace dibuktikan dengan data dari Kredivo yang menggambarkan pembelian fashion
menjadi yang tertinggi daripada kategori produk lain dengan persentase 39,3% pada lakilaki
dan 55% pada perempuan. Pada penelitian ini juga peneliti fokus pada marketplace
Zalora Indonesia. Hal ini karena peneliti menemukan gejala yang menarik dimana dalam
tahun 2018 (5.518.600) – 2020 (1.828.500) terus mengalami tren penurunan pengunjung.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, iklan, dan sales
promotion terhadap minat beli produk fashion di marketplace Zalora Indonesia.
Peneliti membuat skripsi ini berjenis penelitian kuantitatif, menggunakan metode
explanatory research. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan wawancara,
jurnal, web-web terkait, dan angket yang disebarkan kepada 109 responden. Dalam
pengambilan sampel peneliti menggunakan purposive sampling serta lebih tepatnya
judgment sampling. Responden yang peneliti ambil tentunya yang sudah pernah melihat
atau membuka, ataupun pernah mengakses secara lanjut marketplace Zalora Indonesia di
rentan usia 18-40 tahun. Selanjutnya teknik menganalisis data yang peneliti gunakan yaitu
analisis deskriptif, analisis uji klasik, analisis regresi linier berganda.
Hasil dari kesimpulan yang peneliti dapatkan yaitu ketiga variabel (harga, iklan, dan sales
promotion) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli dengan angka
(2,675; 2,889; 5,570) dan memiliki pengaruh secara bersama atau simultan ke minat beli
dengan signifikan (0,000) dan nilai f-hitung (88,00).