Abstract:
Budaya Korea merupakan salah satu budaya populer yang menjadi tren di berbagai
negara. Hal ini dikarenakan maraknya konten dunia hiburan dari Korea yang dapat
membawa hype bagi peminatnya. Konten dunia hiburan seperti drama Korea yang diminati
masyarakat Indonesia secara tidak langsung membawa budaya Korea turut masuk ke
Indonesia, khususnya di industri makanan dan minuman. Salah satu makanan Korea yang
sedang menjadi tren ialah ayam dan bir, atau dalam bahasa Korea disebut chimaek. Penulis
menjadikan chimaek sebagai awal mula usaha yang direalisasikan di Kota Bandung.
Bandung menjadi kota yang dipilih penulis berdasarkan kurangnya restoran Korea yang
berfokuskan kepada hidangan chimaek. Hal ini dapat menjadi peluang bagi produk chimaek
untuk menjalankan bisnisnya di Kota Bandung.
Chibi adalah sebuah bisnis restoran yang menjual produk chimaek atau ayam dan
bir. Chibi menjadi objek penelitian kali ini dikarenakan penulis ingin mengetahui dan
menyesuaikan konsep chimaek di Indonesia khususnya di Kota Bandung yang dirasa dapat
menjadi peluang bisnis yang dapat berkembang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah applied research. Penyebaran kuesioner
dilakukan terhadap 50 orang responden yang telah mencicipi produk Chibi dan data
tersebut menjadi data kualitatif yang kemudian akan diolah untuk pengembangan produk
Chibi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peluang dan pasar bagi produk Chibi untuk
berkembang khususnya di Kota Bandung. Peminat dari Chibi tertarik bila produk ini
dikembangkan dan akhirnya akan melakukan ekspansi hingga seluruh Indonesia.