Abstract:
Seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat yang tertarik untuk membuka usaha,
salah satunya usaha di bidang kuliner. Untuk membuka suatu usaha baru, banyak
hal yang harus dipertimbangkan mulai dari aspek keuangan, aspek pasar, aspek
operasi, dan aspek manajemen organisasi. Untuk mengurangi resiko yang muncul
saat membuka suatu usaha maka diperlukan analisis lebih lanjut mengenai keempat
aspek tersebut dan analisis mengenai produk yang akan dibuat agar sesuai dengan
keinginan target pasar yang akan dituju. Maka dari itu peneliti tertarik untuk
melakukan penelitian mengenai analisis kelayakan bisnis Sushi.co dan kepuasan
konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh Sushi.co.
Setelah merumuskan masalah yang akan diteliti, penulis akan melakukan
penelitian guna menjawab setiap masalah yang muncul. Dalam kelayakan suatu
bisnis ada 4 aspek internal yang perlu dianalisis lebih dalam diantaranya analisis
aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan operasional, aspek manajemen dan
organisasi dan aspek keuangan. Setelah mengetahui kelayakan bisnis yang akan
dibuat maka penulis akan melakukan analisis kepuasan konsumen terhadap produk
yang akan dibuat dengan melakukan segmentasi demografis dan psychological
sebagai pemetaan awal konsumen yang akan menjadi target pasar. Setelah itu
melakukan tes pasar dengan memberikan produk kepada konsumen. Tahapan
selanjutnya adalah dengan melakukan wawancara yang akan menjawab kepuasan
konsumen terhadap produk dilihat dari apakah perceived performance yang
diberikan sudah sesuai dengan expectation sehingga menimbulkan disconfirmation
of beliefs yang positif dari konsumen. Setelah mengetahui faktor-faktor tersebut
maka kemungkinan adanya purchase intention yang akan dilakukan oleh calon
konsumen dan feedback yang digunakan sebagai landasan untuk perbaikan produk
kedepannya.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui harapan dan tingkat kepuasan
konsumen. Dengan mengambil 5 responden sebagai sampel dengan menggunakan
teknik non probability sampling. Setelah itu penulis melakukan depth in interview
secara bertahap. Berdasarkan tujuan penelitian, penelitian ini merupakan applied
research karena hasil dari penelitian dapat diterapkan untuk pengembangan produk
Sushi.co kedepannya Dilihat dari cara dan pengumpulan data penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif diakrenakan hasil penelitian yang disimpulkan
secara subjektif sesuai dengan hasil dari wawancara bertahap.
Hasil penelitian dari penelitian yang telah dilakukan, bisnis Sushi.co sudah
layak untuk dijalankan ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan
operasional, aspek manajemen dan organisasi dan aspek keuangan. Dari segi
produk, produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan keinginan konsumen
terutama produk premium pizza sushi dan premium taco sushi. Dari hasil
wawancara bertahap, adanya peningkatan kepuasan konsumen terutama dari
perbaikan produk yang diberikan sehingga adanya kemungkinan konsumen akan
melakukan pembelian ulang dan good word of mouth. Untuk perbaikan bisnis
Sushi.co kedepannya perlunya dilakukan perbaikan packaging dan penataan dalam
penyajian produk.