Abstract:
terakhir ini mendorong persaingan dalam industri menjadi lebih kompetitif.
Strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi situasi ini adalah menggunakan
bauran promosi. Berdasarkan hasil preliminary research dapat diketahui bahwa
bauran promosi utama yang telah dilakukan Coffeight Coffee & Eatery belum
tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Hasil temuan tersebut mendorong
keinginan peneliti untuk ingin mengetahui lebih lanjut terkait pengaruh bauran
promosi terhadap kesadaran merek Coffeight Coffee & Eatery di kalangan
konsumen di kota Bandung.
Bauran promosi merupakan alat yang digunakan untuk meningkatkan
kesadaran konsumen terhadap merek. Menurut Kotler & Keller (2012) bauran
promosi dapat mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung
tentang produk atau merek yang mereka jual. Dalam penelitian ini, peneliti ingin
mengetahui apakah bauran promosi utama Coffeight Coffee & Eatery yang terdiri
atas advertising , sales promotion, dan online and social media marketing
berpengaruh terhadap kesadaran merek di kalangan konsumen Kota Bandung.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan
dengan cara menyebarkan 100 kuesioner penelitian kepada responden di Kota
dengan rentang usia 17-45 tahun yang suka mengkonsumsi dan mengunjungi
coffee shop. Teknik pengambilan adalah judgement sampling. Metode analisis
data yang digunakan adalah deskriptif dengan uji hipotesis model regresi linier
berganda. metode ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
bauran promosi terhadap kesadaran merek Coffeeright Coffee & Eatery di
Kalangan Konsumen Kota Bandung.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh simultan yang
signifikan antara bauran promosi terhadap kesadaran merek. Pengaruh tersebut
sebesar 19,3%, sedangkan 81,7% dipicu oleh faktor lain yang tidak diketahui.
Saran yang diberikan peneliti kepada Coffeight Coffee & Eatery untuk
meningkatkan penerapan bauran promosi agar efektif sehingga tingkat kesadaran
merek dapat meningkat.