Abstract:
Penggunaan social media untuk kegiatan digital marketing sangat popular saat ini.
Ketatnya rivalitas mewajibkan para pengusaha untuk senantiasa menciptakan
bermacam inovasi setiap hari nya sehingga minat beli konsumen bisa didapatkan
secara maksimal yang satu di antaranya melalui peningkatan perancangan content
marketing. SOSI Sport Club pun menggunakan social media Instagram sebagai
salah satu sarana guna memikat serta mempererat komunikasi dengan konsumen.
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendapatkan pengetahuan terkait dengan
pengaruh persepsi konsumen atas Content Marketing (reader cognition, sharing
motivation, persuasion, decision making, life factors) melalui Instagram SOSI
Sport Club terhadap minat beli (membership/paket berlangganan olahraga).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksplanatori. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel dalam penelitian
ini adalah teknik non probabilty sampling, dengan menggunakan metode
purposive sampling. Dalam penelitian ini, jumlah responden yang menjadi sampel
adalah 133 responden.
Hasil penelitian ini didapatkan Reader cognition, Sharing motivation,
Persuasion, Decision Making dan Life Factors berpengaruh secara
simultan/memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli sebesar
91.4%, dan 8.6% dipengaruhi oleh bermacam faktor lain di luar penelitian ini.
Adapun bermacam dimensi yang memberikan signifikansi pengaruh terbesar
terhadap minat beli konsumen antara lain decision making, life factors, sharing
motivation, reader cognition, dan persuasion. Agar minat beli konsumen bisa
ditingkatkan melalui content Instagram, maka SOSI Sport Club bisa
meningkatkan pembuatan konten-kontennya seperti pembuatan konten yang
berisikan pengalaman atau testimoni dari seorang influencer/celebgram, suatu list
kegiatan workout per minggu, live Instagram atau minivlog, serta konten
transformasi yang konsisten update tiap minggu. sehingga konsumen maupun
calon konsumen terus mendapatkan manfaat dari informasi yang didapat dari
konten instagram SOSI Sport Club, dengan harapan bahwa minat beli konsumen
akan terus meningkat