Pengaruh persepsi konsumen atas lokasi dan store Atmoshpere terhadap brand preference pada Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wardhono, V. J. Wisnu
dc.contributor.author Fitriadhianti, Reyna
dc.date.accessioned 2022-11-16T01:46:38Z
dc.date.available 2022-11-16T01:46:38Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42246
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13723
dc.description 24436 - FE en_US
dc.description.abstract Seiring berjalannya waktu, jumlah coffee shop di Indonesia terus meningkat, termasuk di Bandung. Salah satu kawasan di Bandung yaitu Jl. LL.RE Martadinata atau lebih dikenal dengan Jalan Riau memiliki banyak coffee shop di kawasannya, diantaranya adalah Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee. Kedua coffee shop tersebut menawarkan minuman berbasis kopi dengan range harga yang sama, namun penulis menemukan fenomena bahwa lebih banyak orang yang memilih untuk mengunjungi Kopi Toko Djawa. Oleh karena itu, penulis melakukan preliminary research terhadap 15 orang yang pernah mengunjungi kedua coffee shop tersebut, diketahui 12 dari 15 responden lebih memilih untuk mengunjungi Kopi Toko Djawa karena lokasinya lebih mudah untuk dijangkau dan ditemukan. Akan tetapi, 8 dari 15 responden merasa store atmosphere Pesona coffee lebih memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas lokasi dan store atmosphere terhadap brand preference pada Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen (X) yaitu lokasi dan store atmosphere serta variabel dependen (Y) yaitu brand preference. Penelitian ini menggunakan explanatory research. Penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, serta penyebaran kuesioner terhadap 100 responden dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden merupakan sampel dari populasi orang-orang yang pernah mengunjungi Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee. Uji regresi linear berganda dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen (lokasi dan store atmosphere) terhadap variabel dependen (brand preference). Berdasarkan hasil pengolahan dara, pengaruh lokasi sebesar 0,275 dan pengaruh store atmosphere sebesar 0,18 dengan koefisinsi determinasi sebesar 89,2% yang berarti variabel-variabel tersebut dapat menjelaskan brand preference konsumen sebesar 89,2%. Penulis memberikan saran kepada Pesona Coffee karena berdasarkan pembahasan dan juga analisis, responden lebih memilih Kopi Toko Djawa. Penulis memberikan saran agar Pesona Coffee lebih memperhatikan kemudahan untuk menjangkau lokasi coffee shop jika suatu saat nanti ingin berpindah lokasi atau membuka cabang baru, menggunakan papan nama atau suatu penanda yang menunjukkan keberadaan Pesona Coffee, serta meningkatkan kebersihan dan kerapian di coffee shop. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject lokasi en_US
dc.subject store atmosphere en_US
dc.subject brand preference en_US
dc.subject Kopi Toko Djawa en_US
dc.subject Pesona Coffee en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas lokasi dan store Atmoshpere terhadap brand preference pada Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120152
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0411105802
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account