Abstract:
Seiring berjalannya waktu, jumlah coffee shop di Indonesia terus meningkat,
termasuk di Bandung. Salah satu kawasan di Bandung yaitu Jl. LL.RE Martadinata
atau lebih dikenal dengan Jalan Riau memiliki banyak coffee shop di kawasannya,
diantaranya adalah Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee. Kedua coffee shop
tersebut menawarkan minuman berbasis kopi dengan range harga yang sama,
namun penulis menemukan fenomena bahwa lebih banyak orang yang memilih
untuk mengunjungi Kopi Toko Djawa. Oleh karena itu, penulis melakukan
preliminary research terhadap 15 orang yang pernah mengunjungi kedua coffee
shop tersebut, diketahui 12 dari 15 responden lebih memilih untuk mengunjungi
Kopi Toko Djawa karena lokasinya lebih mudah untuk dijangkau dan ditemukan.
Akan tetapi, 8 dari 15 responden merasa store atmosphere Pesona coffee lebih
memuaskan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi
konsumen atas lokasi dan store atmosphere terhadap brand preference pada Kopi
Toko Djawa dan Pesona Coffee. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini
terdiri dari variabel independen (X) yaitu lokasi dan store atmosphere serta variabel
dependen (Y) yaitu brand preference.
Penelitian ini menggunakan explanatory research. Penulis melakukan
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literatur, serta penyebaran
kuesioner terhadap 100 responden dengan menggunakan metode judgement
sampling dimana responden merupakan sampel dari populasi orang-orang yang
pernah mengunjungi Kopi Toko Djawa dan Pesona Coffee. Uji regresi linear
berganda dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel
independen (lokasi dan store atmosphere) terhadap variabel dependen (brand
preference). Berdasarkan hasil pengolahan dara, pengaruh lokasi sebesar 0,275 dan
pengaruh store atmosphere sebesar 0,18 dengan koefisinsi determinasi sebesar
89,2% yang berarti variabel-variabel tersebut dapat menjelaskan brand preference
konsumen sebesar 89,2%.
Penulis memberikan saran kepada Pesona Coffee karena berdasarkan
pembahasan dan juga analisis, responden lebih memilih Kopi Toko Djawa.
Penulis memberikan saran agar Pesona Coffee lebih memperhatikan kemudahan
untuk menjangkau lokasi coffee shop jika suatu saat nanti ingin berpindah lokasi
atau membuka cabang baru, menggunakan papan nama atau suatu penanda yang
menunjukkan keberadaan Pesona Coffee, serta meningkatkan kebersihan dan
kerapian di coffee shop.