Abstract:
Restoran Karniv.012 Bandung sudah berdiri sejak tahun 2011. Sejak awal Restoran
Karniv.012 Bandung dibuka pada tahun 2011, Restoran Karniv.012 Bandung selalu
mendapatkan antusias tinggi. Namun, berdasarkan pengamatan penulis saat melewati
Jalan Riau terlihat parkiran Restoran Karniv.012 Bandung sepi. Berdasarkan hasil
pengamatan tersebut, penulis melakukan observasi langsung dan melihat bahwa
Restoran Karniv.012 sepi disaat restoran steak disekitaran Jalan Riau ramai.
Berdasarkan hasil preliminary research, 16 dari 29 responden tidak ingin mengunjungi
kembali Restoran Karniv.012 Bandung. Alasan mereka tidak ingin mengunjungi
kembali Restoran Karniv.012 karena kualitas (rasa) makanan yang disajikan menurun
dibandingkan dahulu, seringkali tingkat kematangan makanan tidak sesuai, penataan
makanan yang disajikan kurang menarik, dan beberapa makanan yang disajikan tidak
sesuai dengan deskripsi yang ada di menu. Selain itu, responden berpendapat bahwa
alat makan yang digunakan seringkali berminyak, bau asap bakaran daging masuk ke
area makan, dan pencahayaan di area makan kurang memadai. Responden juga
berpendapat bahwa saat ini terdapat banyak restoran yang memiliki design (interior dan
eksterior) yang lebih menarik. Alasan-alasan tersebut membuat responden berpendapat
bahwa harga yang mereka bayarkan tidak sesuai dengan produk dan jasa yang diterima.
Maka dari itu penulis mengambil dugaan sementara bahwa kepuasan konsumen
Restoran Karniv.012 khususnya terhadap kualitas makanan, store atmosphere, dan
harga mengalami penurunan dan mengakibatkan niat beli ulang menurun.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen atas
kualitas makanan (X1), kepuasan konsumen atas store atmosphere (X2), kepuasan
konsumen atas harga (X3), dan niat beli ulang (Y) di Restoran Karniv.012 Bandung.
Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen
atas kualiats makanan, kepuasan konsumen atas store atmosphere, dan kepuasan
konsumen atas harga berpengaruh positif terhadap niat beli ulang di Restoran
karniv.012 Bandung.
Penelitian ini termasuk applied research yang menggunakan metode
penelian deskriptif dan eksplanatory. Penelitian juga berjenis kuantitatif dengan
pengambilan data sampel menggunakan non-probability sampling yaitu judgement
sampling di mana responden merupakan orang yang pernah mengunjungi Restoran
Karniv.012 Bandung dan menyukai steak. Pengumpulan data dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner secara online. Sejumlah 200 data responden yang terkumpul
dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan
importance-performance analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan
signifikan antara kepuasan konsumen atas kualitas makanan (X1) dan kepuasan
konsumen store atmosphere (X2) terhadap niat beli ulang (Y) baik secara bersamaan
maupun terpisah. Skor R2 menunjukkan kontribusi variabel kepuasan konsumen atas
kualitas makanan dan store atmosphere adalah sebesar 49,8%. Berdasarkan hasil
analisis deskriptif, konsumen tidak puas dengan kualitas makanan, store atmosphere
dan harga di Restoran Karniv.012 Bandung. Selain itu, niat beli ulang di Restoran
Karniv.012 Bandung tergolong rendah.