Abstract:
Perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah
satunya berdampak pada bidang teknologi komunikasi. Dampak yang terjadi ini
melahirkan internet. Internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, dan hal ini
menyebabkan timbulnya social media. Social media memiliki berbagai macam
jenis salah satunya Instagram. Sekarang ini social media sering kali digunakan
untuk kegiatan pemasaran suatu bisnis. Fanstuffshop adalah salah satu bisnis yang
memanfaatkan social media Instagram untuk menjalankan komunikasi
pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi
mengenai persepsi konsumen akan social media marketing melalui Instagram yang
dilakukan Fanstuffshop, mengetahui niat beli konsumen Fanstuffshop, dan mencari
tahu pengaruh social media marketing melalui Instagram terhadap niat beli
konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan analisis regresi linear berganda. Populasi pada penelitian ini adalah
pengikut akun Instagram Fanstuffshop dan teknik sampling yang digunakan adalah
purposive sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah sebanyak 125 orang.
Berdasarkan hasil regresi linear berganda menggunakan SPSS, diperoleh
hasil bahwa kontribusi social media marketing melalui Instagram dalam
menjelaskan niat beli konsumen Fanstuffshop adalah sebesar 54,2%, sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk penelitian ini.
Dimensi-dimensi yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap niat beli
konsumen adalah interaction, sharing of content, dan credibility sedangkan dimensi
online communities dan accessibility tidak memiliki pengaruh secara signifikan
terhadap niat beli konsumen.