Pengaruh celebrity endorser Ian Hugen (@_ianhugen_) terhadap pembelian impulsif pada produk fashion di Instagram

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Ahinoora
dc.date.accessioned 2022-11-15T03:24:54Z
dc.date.available 2022-11-15T03:24:54Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42252
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13713
dc.description 24442 - FE en_US
dc.description.abstract Saat ini, bisnis online terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan menjadi salah satu tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai banyak mengunduh platform media sosial yang merupakan salah satu media transaksi bisnis online, di mana platform yang paling diminati adalah Instagram. Dalam menghadapi banyaknya persaingan bisnis yang dilakukan di Instagram, salah satu upaya strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan mempromosikan produk menggunakan peran celebrity sebagai endorser. Ian Hugen merupakan salah celebrity endorser produk fashion wanita di Indonesia yang merupakan seorang content creator dan seniman yang memiliki keunikan yaitu, seorang transgender. Dalam penggunaan celebrity endorser Ian Hugen untuk kegiatan endorsement, diharapkan dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian impulsif khususnya pada produk fashion wanita. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai variabel independen (X) yaitu, celebrity endorser Ian Hugen yang terdiri atas visibility (X1), credibility (X2), attraction (X3), dan power (X4) terhadap variabel dependen (Y) yaitu pembelian impulsif. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner terhadap 400 responden menggunakan probability samping dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat eksplanatori, di mana akan menjelaskan masing-masing hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Pengolahan data yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan analisa deskriptif untuk mengetahui persepsi konsumen dan menggunakan applied research untuk mencari tahu jawaban atas pertanyaan yang diajukan secara spesifik dalam memecahkan suatu masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel credibility (X2), attraction (X3), dan power (X4) yang ada pada Ian Hugen memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif pada produk fashion di media sosial Instagram. Besarnya pengaruh masingmasing variabel tersebut adalah 0.015, 0.013, dan 0.075 dengan 𝛼 = 10%. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan oleh penulis, maka dapat diketahui bahwa terdapat kontribusi variabel celebrity endorser sebesar 1.8% terhadap pembelian impulsif serta sisanya 98.2% berasal dari faktor yang tidak diteliti. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Pembelian Impulsif en_US
dc.subject Selebgram en_US
dc.subject Celebrity Endorser en_US
dc.subject Endorsement en_US
dc.subject Metode VisCap. en_US
dc.title Pengaruh celebrity endorser Ian Hugen (@_ianhugen_) terhadap pembelian impulsif pada produk fashion di Instagram en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120169
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account