Abstract:
Saat ini, bisnis online terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dan menjadi salah
satu tren baru di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai banyak
mengunduh platform media sosial yang merupakan salah satu media transaksi bisnis
online, di mana platform yang paling diminati adalah Instagram. Dalam menghadapi
banyaknya persaingan bisnis yang dilakukan di Instagram, salah satu upaya strategi
pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan mempromosikan produk menggunakan
peran celebrity sebagai endorser. Ian Hugen merupakan salah celebrity endorser produk
fashion wanita di Indonesia yang merupakan seorang content creator dan seniman yang
memiliki keunikan yaitu, seorang transgender. Dalam penggunaan celebrity endorser Ian
Hugen untuk kegiatan endorsement, diharapkan dapat mempengaruhi konsumen untuk
melakukan pembelian impulsif khususnya pada produk fashion wanita. Tujuan dari adanya
penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai variabel independen
(X) yaitu, celebrity endorser Ian Hugen yang terdiri atas visibility (X1), credibility (X2),
attraction (X3), dan power (X4) terhadap variabel dependen (Y) yaitu pembelian impulsif.
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah dengan
menyebarkan kuesioner terhadap 400 responden menggunakan probability samping
dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini bersifat eksplanatori, di mana akan
menjelaskan masing-masing hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.
Pengolahan data yang dilakukan oleh penulis adalah menggunakan analisa deskriptif untuk
mengetahui persepsi konsumen dan menggunakan applied research untuk mencari tahu
jawaban atas pertanyaan yang diajukan secara spesifik dalam memecahkan suatu masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel credibility (X2), attraction (X3),
dan power (X4) yang ada pada Ian Hugen memiliki pengaruh positif terhadap pembelian
impulsif pada produk fashion di media sosial Instagram. Besarnya pengaruh masingmasing
variabel tersebut adalah 0.015, 0.013, dan 0.075 dengan 𝛼 = 10%. Berdasarkan
hasil perhitungan dan analisis data yang dilakukan oleh penulis, maka dapat diketahui
bahwa terdapat kontribusi variabel celebrity endorser sebesar 1.8% terhadap pembelian
impulsif serta sisanya 98.2% berasal dari faktor yang tidak diteliti.