Pengaruh food quality dan brand image terhadap brand preference Walls Cornetto dan Campina Concerto

Show simple item record

dc.contributor.advisor Istiharini
dc.contributor.author Nugroho, Arvia Yasmina
dc.date.accessioned 2022-11-14T02:32:55Z
dc.date.available 2022-11-14T02:32:55Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other skp42257
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/13708
dc.description 24447 - FE en_US
dc.description.abstract Walls dan Campina merupakan perusahaan lama atau dapat disebut sebagai pionir es krim di Indonesia. Walls dan Campina masing masing memiliki peringkat yang saling berdekatan dalam pangsa pasar, top brand index, dan riset Markplus Insight sebagai merek yang paling direkomendasikan dimana Walls berada di peringkat pertama dan Campina di peringkat kedua. Produk Walls yang paling diminati dan laris adalah Cornetto. Campina pun memiliki produk yang serupa dengan Walls Cornetto yaitu Campina Concerto.Selain dari namanya yang serupa, bentuk es krimnya pun serupa. Oleh karena itu, penulis melakukan preliminary research kepada 30 orang, dimana 25 orang lebih memilih Walls Cornetto dibandingkan Campina Concerto. Responden mengatakan alasan mereka lebih memilih Walls Cornetto dibandingkan Campina Concerto adalah pada faktor food quality dan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh food quality dan brand image terhadap brand preference Walls Cornetto dan Campina Concerto. Variabel independen (X) yang digunakan pada penelitian ini adalah food quality dengan dimensi tekstur dan rasa serta brand image dengan dimensi citra perusahaan dan citra produk. Sedangkan, variabel dependen (Y) yang digunakan adalah brand preference. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi literatur, dan menyebarkan kuesioner kepada 125 responden dengan menggunakan metode judgement sampling dimana responden harus sudah pernah membeli dan mencoba Walls Cornetto dan Campina Concerto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa food quality (X1) dan brand image (X2) berpengaruh secara positif terhadap brand preference. Besarnya pengaruh masing masing variabel independen tersebut terhadap brand preference adalah 36.1% untuk food quality dan 56.5% untuk brand image. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi simultan, tabel adjusted R square menunjukkan kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 82% dan sisanya 18% adalah pengaruh faktor yang tidak diteliti pada penelitian ini. Penulis memberikan saran kepada Campina Concerto karena berdasarkan pembahasan dan analisis, responden lebih memilih Walls Cornetto. Penulis memberikan saran agar Campina Concerto mempertimbangkan komposisi es krim dan lebih memaksimalkan iklan di media sosial. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Walls Cornetto en_US
dc.subject Campina Concerto en_US
dc.subject food quality en_US
dc.subject brand image en_US
dc.subject brand preference en_US
dc.title Pengaruh food quality dan brand image terhadap brand preference Walls Cornetto dan Campina Concerto en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2017120178
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428047902
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account