Abstract:
Walls dan Campina merupakan perusahaan lama atau dapat disebut sebagai
pionir es krim di Indonesia. Walls dan Campina masing masing memiliki peringkat
yang saling berdekatan dalam pangsa pasar, top brand index, dan riset Markplus
Insight sebagai merek yang paling direkomendasikan dimana Walls berada di
peringkat pertama dan Campina di peringkat kedua. Produk Walls yang paling
diminati dan laris adalah Cornetto. Campina pun memiliki produk yang serupa
dengan Walls Cornetto yaitu Campina Concerto.Selain dari namanya yang serupa,
bentuk es krimnya pun serupa. Oleh karena itu, penulis melakukan preliminary
research kepada 30 orang, dimana 25 orang lebih memilih Walls Cornetto
dibandingkan Campina Concerto. Responden mengatakan alasan mereka lebih
memilih Walls Cornetto dibandingkan Campina Concerto adalah pada faktor food
quality dan brand image.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh food quality dan brand
image terhadap brand preference Walls Cornetto dan Campina Concerto. Variabel
independen (X) yang digunakan pada penelitian ini adalah food quality dengan
dimensi tekstur dan rasa serta brand image dengan dimensi citra perusahaan dan
citra produk. Sedangkan, variabel dependen (Y) yang digunakan adalah brand
preference.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan
eksplanatori. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi
literatur, dan menyebarkan kuesioner kepada 125 responden dengan menggunakan
metode judgement sampling dimana responden harus sudah pernah membeli dan
mencoba Walls Cornetto dan Campina Concerto. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, serta analisis regresi linear
berganda.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa food quality (X1) dan brand
image (X2) berpengaruh secara positif terhadap brand preference. Besarnya
pengaruh masing masing variabel independen tersebut terhadap brand preference
adalah 36.1% untuk food quality dan 56.5% untuk brand image. Berdasarkan hasil
perhitungan koefisien determinasi simultan, tabel adjusted R square menunjukkan
kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 82% dan
sisanya 18% adalah pengaruh faktor yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Penulis memberikan saran kepada Campina Concerto karena berdasarkan
pembahasan dan analisis, responden lebih memilih Walls Cornetto. Penulis
memberikan saran agar Campina Concerto mempertimbangkan komposisi es krim
dan lebih memaksimalkan iklan di media sosial.